Beranda Cinta Daripada Resepsi Nikah Mewah, Mending Dananya Dipakai buat 7 Hal Ini!

Daripada Resepsi Nikah Mewah, Mending Dananya Dipakai buat 7 Hal Ini!

232
0
Ilustrasi - foto istimewa IDN Times

Apakah kamu sedang mempersiapkan pesta pernikahan? Apa sih alokasi dana terbesarmu? Apakah itu buat resepsi? Memang, kultur di Asia, terutama di Indonesia tak afdol rasanya jika tak menggelar resepsi meriah nan megah. Bukan lagi fokus kepada tata cara dan keintiman acara, namun kepentingan bergeser pada bagaimana cara menggelar resepsi mewah demi mempertahankan gengsi.

Padahal sebenarnya tanpa pesta meriah, pernikahanmu juga sah kok. Bahkan, alokasi resepsi mewah yang sebenarnya gak perlu itu bisa kamu nikmati untuk tujuh hal di bawah ini.

1. Honeymoon ke luar negeri

Duit habis untuk menggelar resepsi mewah, akhirnya kamu dan pasangan hanya bisa gigit jari menghabiskan masa awal pernikahan di kamar kos. Sayang kan uang hasil kerja keras kalian dan tabungan bertahun-tahun habis dalam sekejap. Ironisnya, yang menikmati pesta kalian justru orang-orang yang gak begitu dikenal.

Daripada untuk resepsi megah, kalian berhak kok menggunakan uang hasil tabungan untuk honeymoon ke luar negeri. Gak perlu jauh-jauh sampai Eropa atau Amerika, backpackeran ke negara Asia selama seminggu sudah bisa bikin honeymoon kalian tak terlupakan.

2. Staycation di hotel mewah

Selain liburan ke luar negeri, anggaran untuk resepsi mewah juga bisa dialokasikan untuk staycation lho ke hotel bintang lima. Coba deh staycation ke hotel mewah yang kamarnya langsung menghadap ke pegunungan atau pantai. Pilih tipe kamar president suite atau VIP. Dijamin pengalaman ini bikin honeymoon tak terlupakan.

3. DP rumah

Ini jauh lebih penting daripada menggelar resepsi mewah. Uang yang kamu kumpulkan dengan keringat sendiri itu bisa digunakan untuk DP rumah. Makin besar DP maka makin ringan pula angsuran yang harus kalian bayar tiap bulan. Bukan kah rasanya bakal bangga kalau kalian berhasil memberi rumah dari hasil keringat sendiri?

4. Mengontrak rumah

Jika belum mampu mencicil rumah sendiri, kalian bisa mengalokasikan dana untuk mengontrak rumah. Yang terpenting itu bukan resepsi tapi kehidupan kalian setelah menikah nanti. Jadi jelas kebutuhan ini harus dipikirkan. Mau sampai kapan menumpang di rumah mertua atau tinggal di kamar kos sempit?

5. Membeli perabotan/furnitur

Alat elektronik dan furnitur juga jadi salah satu perabotan penting yang bisa kamu beli setelah menikah nanti. Kasur, lemari, kompor, mesin cuci, hingga AC jadi perabotan yang bisa menunjang serta meringankan kebutuhan kalian nanti.

Harganya juga gak murah, jadi sebaiknya kalian mulai memasukkannya ke prioritas sehingga bisa segera terbeli setelah menikah nanti.

6. DP mobil

Bagi sebagian orang, memiliki mobil itu penting apalagi ketika sudah punya anak nanti. Alat transportasi satu ini bisa melindungi si kecil dari hujan maupun terik panas matahari. Nah, jika kamu juga salah satu orang yang ingin punya mobil sendiri, sebaiknya pikirkan lagi mana yang lebih penting; resepsi mewah atau punya mobil?

7. Tabungan kebutuhan tak terduga

Kebutuhan kalian setelah menikah nanti bakal banyak lho. Jadi jangan sampai saldo tabungan jadi 0 karena tersedot untuk biaya nikah. Lebih baik gelar resepsi sederhana sehingga kamu dan pasangan masih punya cadangan uang untuk kebutuhan tak terduga nantinya. Siapa tahu setelah menikah kamu langsung hamil. Biaya selama hamil dan juga persalinan tak bisa dibilang murah. (Red)

Sumber : IDN Times