Beranda Kampus Dampak Perkembangan Teknologi Komunikasi

Dampak Perkembangan Teknologi Komunikasi

Ilustrasi - foto istimewa rimma.co

Oleh : Muhamad Ichsan Ramdhani, Mahasiswa Teknik Industri Universitas Pamulang

Di zaman saat ini, perkembangan teknologi tidak asing lagi buat kita, yang mana kita seringkali menggunakan kecanggihan teknologi untuk rutinitas sehari-hari baik dirumah maupun ditempat kerja. Namun setiap perkembangan teknologi ada juga dampaknya, baik yang positif maupun negative. Mau tau apa saja dampaknya ? Mari baca artikel ini hingga selesai.

Kemajuan teknologi membuat setiap orang, setiap perusahaan saling unjuk kemampuan untuk menampilkan siapa yang lebih baik. Seperti dalam bidang komuikasi, setiap perusahaan saling berlomba untuk membuat produk terbaik pada setiap tahunnya. Dan setiap orang saling menunjukkan bakat dan skill nya dalam perkembangan teknologi.

Disamping itu kita sebagai generasi yang merasakan dan menggunakan perkembangan teknologi sudah seharusnya pandai dalam menggunakannya. Pada saat ini banyak di antara kita yang menyalahgunakan kemajuan teknologi, baik untuk kepentingan pribadi atau pun untuk kepentingan kelompok. Mungkin kita sering melihat atau bahkan menjadi korban dari penyalahgunaan teknologi. Namun tidak semua perkembangan teknologi di salah gunakan, masih banyak diantara kita yang menggunakannya dalam membuat karya dan membuat inovasi untuk terus berkembang.

Berikut ini adalah dampak dari perkembangan teknologi yang seringkali kita temukan di lingkungan sekitar :

Dampak positif dari perkembangan teknologi :

1.     Dapat mengakses kejangkauan yang lebih luas.

Teknologi membuat seseorang dapat mencari suatu hal yang di perlukan untuk dia pelajari. Seperti contoh, sebagai pelajar kita harus mencari informasi atau materi dalam proses pembelajaran dan untuk saat ini dalam mencari sebuah materi tidak hanya terpaku oleh buku melainkan dapa mengakses lewat internet.

2.     Mempermudah untuk berkomunikasi dan bertukar informasi.

Dimasa pandemic saat ini telfon dan laptop menjadi alat komunikasi yang paling efektif baik dalam proses perkuliahan, berkomunikasi dengan keluarga dikampung, menyelesaikan pekerjaan dan lainnya.

3.     Dapat melihat potensi seseorang dalam bidang teknologi.

Dari perkembangan teknologi kita dapat menegtahui seseorang yang memang memiliki kemampuan di bidang tersebut. Seperti, seseorang dapat menunjukkan hasil editing dalam karyanya, dapat mendesain suatu bangunan secara terperinci, dan lainnya.

Dampak negatif dari perkembangan teknologi :

1.     Penyalahgunaan teknologi.

Sangat di sayangkan bagi anak-anak di zaman sekarang, karena mereka tidak menggunakan perkembangan teknologi dengan baik justru malah sebaliknya. Yang mana generasi saat ini justru lebih mengakses situs dewasa, keseringan bermain game, berkomentar di media social menggunakan kata-kata yang kasar dan melihat konten orang yang berjoget. Karena saya sering melihat disuatu daerah yang mana anak-anak kecil berkumpul dan yang mereka lakukan adalah bermain game dan melihat konten yang berjoget hingga malam hari.

2.     Kurangnya berbaur dengan lingkungan sekitar.

Hal ini terjadi karena seseorang lebih terfokuskan dengan kehidupan maya, yang tanpa mereka sadari kehidupan sesungguhnya adalah dunia nyata. Akibat dari kurangnya berbaur akan menjadikan orang tersebut asing dilingkungannya dan kesulitan mendapatkan teman.

3.     Menggunakan potensi diri untuk berbuat kejahatan.

Istilah yang sering kita dengar adalah cybercrime, yang mana bentuk kejahatan yang di lakukan adalah membobol atm, pencurian data dan privasi baik seseorang maupun perusahaan, membuat dan menyebarkan berita hoax yang belum tau asal usul kebenarannya. Dan sangat di sayangkan potensi diri tidak di pergunakan untuk hal yang bermanfaat namun justru malah merugikan baik bagi dirinya sendiri maupun untuk orang yang di rugikan.

Dari dampak-dampak yang telah di jabarkan, pentingnya kita sebagai pengguna teknologi untuk lebih memahami cara menggunakan teknologi guna menghasilkan sebuah karya. Dan tak lupa jika seseorang yang menggunakan teknologi komunikasi masih di bawah umur, maka perlu adanya pengawasan dari orang tua guna menghindari anak tersebut dalam menyalahgunakan perkembangan teknologi. Karena menurut saya kita tidak bisa menyalahkan perkembangan teknologi yang terjadi saat ini, namun letak kesalahan ada pada kita yang tidak pandai dalam menggunakan kemajuan teknologi.

Artikel ini di buat bukan semata-mata diri saya sudah benar dan sudah tidak melakukan dampak negative tersebut namun saya terus berusaha menghindari bahkan tidak melakukan hal tersebut. Artikel ini saya buat agar kita lebih mengingat teknlogi yang kita gunakan bertujuan untuk apa dan agar generasi penerus bangsa dapat bersaing dengan negara lain. Saya, kamu, kalian, kita adalah generasi bangsa maka dari itu ika generasi nya saja sudah rusak maka bangs aini akan ikut rusak.

(***)
 

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini