Beranda Gaya Hidup Curhat dengan Diri Sendiri Ternyata Baik untuk Kesehatan Mental

Curhat dengan Diri Sendiri Ternyata Baik untuk Kesehatan Mental

Ilustrasi - foto istimewa IDN Times

Ketika menghadapi situasi sulit, yang terjadi dalam pikiran dan tubuh kita adalah rasa panik dan sulit mengambil keputusan. Emosi yang dirasakan terlanjur kuat sehingga kurang mampu berpikir jernih.

Mau curhat sama teman, tapi di saat-saat tertentu mereka punya kesibukan dan kebutuhan masing-masing. Gak usah galau, berbicara atau curhat dengan diri sendiri tidak selalu diartikan dengan keanehan, dan justru baik untuk kesehatan mentalmu;

1. Dengan Cara yang Tepat, Berbicara Pada Diri Sendiri Bisa Membuat Suasana Hati Lebih Baik

Berbicara dengan diri sendiri, atau self talking dapat membantu kita untuk mendengarkan suara hati dalam kondisi tenang. Tidak hanya itu, terkadang kita jadi bisa berceletuk kecil ketika sudah mulai mendapatkan jalan maupun pencerahan.

Self talking sendiri bukan termasuk hal yang aneh, asal dilakukan dengan tepat. Namun pada titik ekstrim self talking akan menjadi perhatian ketika sudah mengarah pada halusinasi.

2. Mengapa Apa yang Kamu Katakan dan Pikirkan Sendiri Bisa Menjadi Kenyataan?

Saat kesal, terkadang pikiran negatif dan sumpah serapah yang disimpan dalam hati justru menjadi kenyataan. Oleh sebab itu, pikirkan hal-hal yang positif saat suasana hati tak menentu. Pemikiran yang netral akan mengantarkanmu pada sebuah pertanyaan yang dapat membantumu menyelesaikan masalah.

Sementara kata-kata positif dan berpikir positif seperti “Gak usah peduliin, omongannya”, “Aku mau buktikan kalau bisa” justru dapat membuatmu lebih bersemangat dan tidak terlalu terlarut dalam masalah.

3. Self Talking yang Baik Dapat Memberikan Pemahaman Bahwa Dirimu Mampu dan Berharga

Kata-kata dan pemikiran untuk diri sendiri yang baik, dapat meningkatkan self esteem dan self eficacy. Self esteem mengarah pada harga diri, sementara self eficacy mengarah pada seberapa jauh seseorang mampu menilai dirinya. So, asal tahu tempat dan gak berlebihan, curhat sama diri sendiri justru bisa bikin kamu merasa lebih baik.

Saat berada dalam keadaan mendesak, diam sejenak dan dengarkan suara hati. Self talking dapat membantumu untuk lebih mengenal diri sendiri.

Dalam keadaan tertentu self talking adalah cara yang sehat untuk curhat dan memberikan dukungan pada diri sendiri. Yuk, kenali diri lebih baik. (Red)

Sumber : rimma.co

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini