Beranda Peristiwa Curah Hujan Tinggi, Perumahan di Cikande Terendam Banjir

Curah Hujan Tinggi, Perumahan di Cikande Terendam Banjir

Banjir di Perumahan Ciujung Damai RT 06, Desa Kendayakan, Kecamatan Kragilan, Kabupaten Serang (Foto: istimewa)

KAB. SERANG – Akibat curah hujan lebat sejak Selasa (02/02/2021) sekitar pukul 22.00 mengakibatkan banjir di sejumlah permukiman warga Kabupaten Serang. Salah satu lokasi banjir yang menjadi langganan adalah di Jalan Perumahan Cikande Permai RT 004 RW 003 Kecamatan Cikande, Kabupaten Serang.

Salah satu warga bernama Bagus Aji Saputra mengatakan bahwa banjir yang terjadi sudah menjadi langganan akibat curah hujan serta kurangnya drainase yang memadai.

“Emang itu langganan banjir, kalau hujannya nggak lama atau separah kayak semalam nggak bakal sampai masuk rumah karena rumahnya udah agak tinggi. Air mulai naik ke rumah jam 1 malam, mulai surut saat adzan subuh. Sekarang hanya jalanan saja yang masih tergenang setinggi mata kaki. Sekitar terminal Cikande juga sering banjir. Dari pihak kepolisian sudah datang melihat rumah yang terparah akibat banjir karena posisi rumah tersebut pas belakang dan sampingnya empang,” ujarnya, Rabu (3/1/2021).

Bagus Aji Saputra juga mengatakan bahwa beberapa warga Perumahan Cikande Permai sudah mengantisipasi banjir dengan merenovasi membuat pagar tembok atau meninggikan rumahnya.

“Beberapa rumah sudah antisipasi kayak merenovasi membuat pagar tembok atau meninggikan rumahnya supaya kalau air datang nggak banjir atau walaupun banjir nggak parah,” ujar Bagus Aji.

Di lokasi yang berbeda, banjir yang cukup parah terjadi di Perumahan Ciujung Damai RT 06, Desa Kendayakan, Kecamatan Kragilan, Kabupaten Serang. Ketinggian air di lokasi ini, mencapai hingga betis orang dewasa.

Salah satu warganet bernama Rini yang sempat mengunggah video banjir tersebut ke laman media sosialnya saat Rabu (03/02/2021) pagi. Dihubungi BantenNews.co.id, dia mengatakan bahwa banjir yang terjadi kali ini adalah banjir yang cukup parah.

“Banjirnya tadi terjadi sekitar jam 3 pagi, pokoknya ini yang paling parah banjirnya,” ujar Rini.

Saat dihubungi kembali sore hari, Rini menyatakan saat ini lokasi banjir sudah mendapatkan tindakan dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang.

“Alhamdulillah sekarang udah mulai surut dan alhamdulillah bapak dewan udah melihat kondisi banjir tersebut. Ini sudah ada tindakan dari pemda, saat ini lagi melakukan penyedotan air,” ucapnya.

(Tra/Nin/Red)