Beranda Bisnis Cuma Rp2 Ribu Kini Bisa Naik Transportasi Umum Ber-AC di Kota Tangerang

Cuma Rp2 Ribu Kini Bisa Naik Transportasi Umum Ber-AC di Kota Tangerang

Bus Tayo Kabupaten Tangerang - foto istimewa

TANGERANG – Mobilitas dalam Kota Tangerang sejak 2019 telah dihadirkan keberadaan BRT atau dikenal dengan Bus Tayo dan di 2021 ialah angkutan kota Si Benteng. Tidak main-main, hadir dengan fasilitas lengkap, mulai dari ber-AC, pintu otomatis, CCTV, dan pastinya jarak jauh dekat hanya Rp2 ribu saja.

Tak sampai disitu, Bus Tayo yang merupakan BRT Kota Tangerang dan Si Benteng yang merupakan angkutan kota ini dapat dinikmati dengan pembayaran digital. Penumpang bisa melakukan pembayaran secara non tunai dengan cara scan QR dari handphone ke barcode yang tersedia melalui OVO, GoPay, Dana, ataupun Link Aja.

Direktur Umum, PT TNG, Kota Tangerang, Edi Candra menyatakan untuk Bus Tayo memiliki empat koridor dengan 10 unit disetiap koridornya. Yakni, koridor satu rute Poris Plawad-Gor Jatiuwung-Jatake, koridor dua rute Poris Plawad-Cibodas, koridor tiga rute Ciledug-Tangcity dan koridor empat ialah rute Cadas-Pintu Masuk M1 Bandara Soetta.

Sedangkan untuk Si Benteng, kata Edi memiliki 80 unit dengan sembilan rute dengan empat warna. Diantaranya, rute Gandasari-Gajah Tunggal, Gajah Tunggal-Kampung Ledug, Taman Cibodas-Situ Bulakan, Terminal Cimone-Pasar Lama, Perumahan BTN Pasir Jaya-GOR gandasari. Selain itu, ada juga rute Terminal Cimone-Koang Jaya, Terminal Cimone-Jalan Dipati Unus-Jalan Ganda Sari, Terminal Cimone-GOR Pabuaran Tumpeng dan terbaru Kavling Perkebunan Raya-RS Melati.

“Si Benteng milik Kota Tangerang ini, memang memiliki konsep rute pemukiman. Sehingga, jalurnya memang masuk ke perbatasan pemukiman, menjadikan angkutan umum utama dari permukiman masyarakat, menuju jalur kota, kawasan perkantoran maupun kawasan pasar,” jelas Edi dalam keterangannya, Kamis (8/6/2023).

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Tangerang, Suhaely menyatakan Bus Tayo dan Si Benteng dihadirkan guna memenuhi kebutuhan transportasi di Kota Tangerang yang aman, nyaman dan murah. Dengan ini, Kota Tangerang merupakan satu-satunya pemerintah daerah di Provinsi Banten, yang mengelola transportasi publik.

“Dan kini, menjadi salah satu transportasi lokal yang dibanggakan warga Kota Tangerang. Setiap hari beroperasi mulai dari 05.00 hingga 19.00 WIB. Ayo manfaatkan transportasi umum baik itu Bus Tayo maupun Si Benteng di Kota Tangerang. Selain menghemat biaya mobilitas dalam kota, juga turut terlibat dalam menjaga kesehatan udara yakni mengurangi polusi udara di Kota Tangerang,” jelasnya.

(Ril/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini