Beranda Kesehatan Cuaca Panas Ekstrem, Ini Pertolongan Pertama Saat Heatstroke Menyerang

Cuaca Panas Ekstrem, Ini Pertolongan Pertama Saat Heatstroke Menyerang

Ilustrasi - foto istimewa

SERANG – Cuaca panas ekstrem di Indonesia bisa membuat ancaman heatstroke yang bisa menyebabkan kematian akibat hipertermia. Seperti apa pertolongan pertamanya?

Pitam panas atau heatstroke adalah gangguan saat tubuh tidak mampu lagi mengontrol tubuh, sehingga suhu tubuh seperti demam akan melonjak dengan cepat.

“heatstroke bisa meningkatkan suhu seseorang hingga mencapai 40 derajat celcius, bahkan lebih. Selanjutnya tubuh akan alami kondisi serius berupa hipertermia,” ujar Dokter Spesialis Penyakit Dalam Eka Hospital BSD, dr. Rydy Kurniawan, Sp.PD melansir suara.com suara.com (jaringan BantenNews.co.id), Minggu (30/4/2023).

Bukan kepanasan atau kegerahan biasa, hipertermia adalah kondisi suhu inti tubuh yang meningkat tajam dan tiba-tiba dalam waktu singkat, tapi tubuh tidak mampu atau tidak punya cukup waktu untuk berkeringat mendinginkan diri.

“Hipertermia butuh penanganan cepat. Apabila tidak segera ditangani, heatstroke dapat menyebabkan cacat permanen atau bahkan kematian,” sambung dr. Rudy.

Beberapa gejala stroke heatstroke yang wajib dikenali yaitu suhu tubuh lebih dari 40 derajat celcius, kebingungan hingga bicara tidak jelas, tidak lagi berkeringat tapi panas dan kering saat disentuh.

Ada juga tanda berupa mual, muntah, kulit memerah, pernapasan dan detak jantung meningkat cepat, kepala berdenyut.

Berikut ini pertolongan pertama heatstroke yang harus segera dilakukan:

Hubungi layanan darurat segera agar mereka bisa menuju lokasi Anda dan penderita heatstroke atau heat exhaustion secepatnya.

Bawa penderita ke ruangan dengan suhu lebih dingin.

Lepas pakaian berlebih seperti jaket, sepatu, kaos kaki, dan celana ketat tebal.

Kompres penderita dengan kain air dingin untuk membantu menurunkan suhu mereka.

Basahi muka, leher, lengan, dan paha kaki penderita dengan air es atau air dingin.

Beri penderita air dingin sebanyak-banyaknya untuk diminum.

Apabila kondisi sudah terlalu parah, bisa mengisi bathup dengan air es untuk penderita heatstroke. Berendam selagi menurunkan suhu tubuhnya hingga bantuan medis datang.

(Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini