Beranda Kesehatan Antisipasi Covid-19 Varian Omicron, Pemkab Tangerang Siapkan Faskes

Antisipasi Covid-19 Varian Omicron, Pemkab Tangerang Siapkan Faskes

Ilustrasi - foto istimewa kompas.com

KAB. TANGERANG – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang menyiapkan sejumlah fasilitas kesehatan (Faskes) guna menghadapi jika nantinya ditemukan varian Covid-19 Omicron. Mulai dari rumah sakit hingga tempat isolasi terpusat.

Juru Bicara Pananganan dan Penanggulangan Covid-19 Kabupaten Tangerang, dr. Hendra Tarmizi mengatakan, pihaknya sudah jauh-jauh hari menyiagakan rumah sakit di Kabupaten Tangerang. Mengingat, varian virus bernama B.1.1.529 asal Afrika itu sudah teridentifikasi di beberapa negara bagian Asia.

“Kita sudah siapakan tempat isolasi di hotel Yasmin. Selain itu, kami juga sudah menyiapkan 1.200 tempat tidur dari 26 Rumah Sakit (RS) milik pemerintah maupun swasta yang ada di Kabupaten Tangerang,” kata Hendra dalam keterangannya.

Ia juga mengatakan, Satgas Covid-19 Kabupaten Tangerang akan terus berkoordinasi dengan pemerintah pusat, dan juga Kementerian Kesehatan RI. Hal tersebut dilakukan untuk meningkatkan kewaspadaan akan virus varian baru tersebut. Sehingga, nantinya Satgas Covid-19 dapat segera menyiapkan infrastruktur kebutuhan kesehatan dan ketersediaan obat-obatan.

“Jadi sesuai instruksi dari Kemenkes, kita harus waspada dan selalu berkoordinasi dengan Satgas Covid-19 (pusat), dan kami akan selalu mengirimkan sampel ke litbangkes kemenkes setiap kami menemukan kasus baru dan dicurigai,” ujarnya.

Kendati demikian, ia juga mengimbau kepada masyarakat untuk tidak lengah menerapkan protokol kesehatan 6M dalam setiap aktivitas, seperti tetap memakai masker, menjaga jarak, menghindari kerumunan, selalu mencuci tangan dengan air yang mengalir, mengurangi mobilitas, dan juga melakukan vaksinasi.

Hendra juga meminta agar masyarakat di Kabupaten Tangerang untuk tidak bepergian saat libur Natal dan Tahun Baru.

Memurut dia, masyarakat harus tetap menjalani protokol kesehatan 6M, dan juga harus menaati kebijakan pemerintah terkait PPKM. Selain itu untuk masyarakat yang belum melakukan vaksinasi diimbau untuk segera mendaftarkan diri untuk divaksin. Vaksinasi dapat membantu mengurangi keparahan penyakit dan angka kematian dari varian Omicron.

“Ini juga kan untuk menjaga kita dari paparan virus Covid-19 atau virus varian baru seperti Omicron yang kita ketahui sangat berbahaya,” kata dia.

(Ril/Red)

 

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News