Beranda Olahraga Como 1907, Klub Milik Pengusaha Indonesia yang Promosi ke Serie A Italia

Como 1907, Klub Milik Pengusaha Indonesia yang Promosi ke Serie A Italia

Como 1907. (IST)

ITALIA – Associazione Calcio Como 1907, atau yang lebih dikenal sebagai Como 1907, adalah sebuah klub sepak bola profesional yang berbasis di Como, Lombardia, Italia.

Didirikan pada tahun 1907, klub berjuluk I Lariani ini memiliki sejarah yang panjang dalam dunia sepak bola Italia.

Sejarah

Como didirikan pada 25 Mei 1907 yang semula bernama Calcio Como oleh sekelompok pemuda lokal yang memiliki minat yang sama dalam olahraga sepak bola.

Klub ini awalnya berkompetisi dalam kompetisi lokal sebelum akhirnya bergabung dengan federasi sepak bola Italia dan memulai partisipasi dalam kompetisi resmi.

Como mulai berkompetisi dalam pertandingan profesional pada 1912-13 di Promotion League. Hanya satu tahun berselang, mereka mampu masuk ke liga teratas Italia.

Era Keemasan

Puncak kejayaan Como 1907 terjadi pada tahun 1949 ketika mereka berhasil memenangkan Serie B, divisi kedua dalam sistem liga sepak bola Italia. Kemenangan ini memungkinkan mereka untuk promosi ke Serie A, divisi tertinggi dalam sepak bola Italia.

Sayangnya perjuangan mereka untuk terus berada di kasta tertinggi tidak bertahan langgeng. Beberapa musim setelahnya mereka terdegradasi kembali ke Serie B.

Dari kurun waktu 1949-200an awal, Como 1907 terus berkutat di antara Serie A, Serie B, hingga sempat turun ke Serie C.

Kali terakhir mereka mentas di Serie A ada pada musim 2002/03. Sayangnya mereka langsung terdegradasi lagi di musim selanjutnya.

Kebangkrutan Como dan Akusisi Grup Djarum

Como yang memang berstatus klub semenjana, semakin terpuruk usai dinyatakan bangkrut beberapa kali. Mereka memang mampu bangkit perlahan, tapi kebangkrutan terus menghantui klub ini.

Hingga pada 18 Oktober 2019, Como dibeli lewat anak perusahaan Djarum SENT Entertainment Ltd. yang berbasis di London, Inggris. Nilai bahkan tidak sampai Rp 5 miliar.

Diakuisisinya Como 1907 oleh perusahaan milik salah satu orang terkaya di Indonesia, Hartono Bersaudara, itu perlahan membuahkan hasil.

Setelah menunggu lebih dari dua dekade, Como 1907 akhirnya promosi lagi ke Serie A usai menempati peringkat kedua Serie B 203/24.

Progres Como di bawah dinasti Djarum terbilang cukup pesat. Saat diakuisisi, Como masih bermain di Serie D, perlahan mereka bangkit dan promosi ke Serie C dan naik ke Serie B pada musim 2021/22.

(Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News