Beranda Kesehatan Cobain, Makanan Ini Bisa Redakan Nyeri saat Menstruasi

Cobain, Makanan Ini Bisa Redakan Nyeri saat Menstruasi

Ilustrasi - foto istimewa babyologist.com

Buat para cewek, biasanya hari pertama datang bulan, timbul rasa nyeri yang ganggu banget. Rasa nyeri itu pasti bikin harimu gak nyaman.

Nah, untuk mengatasi rasa nyeri saat menstruasi, coba deh konsumsi 7 makanan di bawah ini. Dijamin bikin nyerimu reda seketika! Berikut seperti dikutip dari IDN Times.

1. Dark chocolate





Inilah obat yang paling enak dan mujarab untuk mengatasi nyeri saat menstruasi. Berbeda dengan cokelat biasanya, dark chocolate  lebih rendah gula dan susu. Kandungan 70 persen kakao menjadikan rasanya agak pahit. Inilah yang akan membuat otot-ototmu lebih rileks.

2. Salmon

Manfaat ikan salmon sudah tak perlu diragukan lagi. Ikan yang kaya omega3 ini terbukti dapat mengatasi rasa nyeri saat mestruasi. Ikan salmon juga penuh lemak anti inflamasi yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuhmu.

3. Sayuran hijau

Mungkin kita gak begitu suka dengan sayuran hijau. Tetapi mau gak mau, sayuran hijau sangat diperlukan tubuh. Sayuran hijau seperti kangkung, bayam, dan brokoli merupakan sayuran yang kaya mineral magnesium dan anti-kram.

Selain itu, sayuran hijau juga mengandung vitamin A, C, B6, dan E, serta kalium-nutrisi yang dapat membantu mengurangi gejala PMS. Banyak-banyakin makan sayur deh!

4. Telur

Telur merupakan salah satu makanan sumber gizi terbaik. Telur memiliki vitamin D, B6, dan vitamin E yang dapat mengatasi kram saat mestruasi. Ada studi yang menyatakan bahwa orang-orang yang sehat menambahkan telur untuk program dietnya.

5. Selai kacang

Beruntunglah kalau kamu suka selai kacang. Karena selai kacang mengandung vitamin B6 dan magnesium. Keduanya dapat mengurangi nyeri haid. Magnesium membantu mengatur serotonin, yaitu salah satu senyawa yang baik dalam otak. Selain itu, magnesium juga dapat memperbaiki suasana hati dan mencegah perut kembung.

6. Pisang

Gak cuma monyet aja yang doyan pisang. Kita, khususnya para cewek, juga harus doyan pisang. Alasannya, kandungan vitamin B6 dan kalium pada buah ini bisa membantu mengurangi kram saat menstruasi hari pertama.

Kalium yang terlalu sedikit, dapat menyebabkan kram otot. Nah, ketika kamu makan pisang sebelum latihan atau berolah raga, buah ini akan menjaga otot-ototmu agar tidak kram. Tapi, jangan lupa tetap pemanasan ya!

7. Jahe

Pagi-pagi sebelum beraktivitas, sebaiknya minum teh jahe hangat dulu deh. Apalagi selama 3 hari pertama mestruasi. Dijamin ramuan jahe ini dapat meringankan kram perutmu yang menyiksa itu.

Jahe terbukti lebih ampuh mengurangi rasa sakit daripada obat-obat lainnya. Gampang banget kok bikinnya, kupas potongan jahe yang seukuran jempol, iris, lalu masukkan ke dalam air panas dengan irisan jeruk nipis selama 5 menit. Coba deh!

Sekarang sudah tahu kan makanan apa saja yang bisa membantu atasi kram saat menstruasi? Gak bakalan tersiksa lagi deh perut kamu. (Red)