Beranda Gaya Hidup Coba Kebiasaan Ini Supaya Merasa Bahagia Saat Bangun Pagi

Coba Kebiasaan Ini Supaya Merasa Bahagia Saat Bangun Pagi

122
0
Ilustrasi - foto istimewa hellosehat.com

Bangun pagi merupakan sebuah ritual rutin setiap orang yang sadar untuk kesehatan tubuh, seperti tubuh terasa lebih segar dan memungkinkan bisa mendapatkan cahaya matahari pagi yang sehat.

Bangun pagi pun bisa membuat Moms memiliki waktu tambahan dalam bersiap-siap sebelum menghadapi aktivitaskeseharian, ketimbang jika bangun siang maka Moms bisa terburu-buru.

Sebaiknya saat bangun pagi ini diawali dengan rasa bahagia, dengan begitu Moms pun bisa lebih semangat dalam melakukan segala aktivitas yang padat.

Agar bangun pagi Moms merasa lebih bahagia, dikutip dari Readers Digest, ada beberapa cara yang dapat Moms terapkan dalam diri.

Cara agar merasa bahagia saat bangun pagi ini sangat mudah, seperti coba tetapkan dalam pikiran Moms untuk menjadi bahagia.

Faktanya, penelitian menunjukkan bahwa cara untuk menjadi lebih bahagia adalah dengan berusaha menjadi lebih bahagia.

“Kebahagiaan jelas merupakan sebuah pilihan,” kata Caroline Adams Miller seorang pelatih profesional, pembicara, dan penulis buku Your Happiest Life Workbook.

Penelitian menunjukkan bahwa setidaknya setengah dari kesejahteraan kita secara langsung terkait dengan apa yang kita pilih untuk pikirkan dan lakukan setiap hari.

Cara selanjutnya yang bisa membuat bangun pagi lebih bahagia adalah dengan melakukan sesuatu untuk orang lain.

Riset menunjukkan bahwa melakukan sesuatu untuk orang lain adalah cara yang bagus untuk meningkatkan semangat kita.

“Kami melakukan riset di mana kami meminta orang-orang untuk melakuka tindakan kebaikan.

Kami menemukan bahwa hanya melakukan tindakan kebaikan untuk orang lain atau dunia, terutama bagi orang lain membuat orang lebih bahagia,” ujar Sonja Lyubomirsky, PhD, profesor psikologi di University of California, Riverside.

Yang tak boleh Moms lewatkan adalah tanamkan rasa syukur, karena dengan bersyukur, Moms akan bisa merasa lebih bahagia.

“Ada banyak penelitian tentang mencoba menghargai apa yang baik tentang hidup kita daripada berfokus pada apa yang tidak kita miliki atau apa yang orang lain miliki dan kita inginkan,” kata Lyubomirsky.

Kemudian, bentuklah kebahagiaan di pagi hari dengan melakukan hal-hal positif, penelitian menunjukkan bahwa orang lebih bahagia ketika seseorang melakukan hal yang baik untuk dirinya dan orang lain.

“Selain itu, melakukan hal positif pun dapat meningkatkan evaluasi seseorang terhadap kehidupan selama ini,” kata Dr. Parks.

Lyubomirsky pun menambahkan dengan melakukan hal positif akan lebih bermanfaat untuk seluruh kehidupan Moms, bukan untuk saat kondisi pagi hari saja.

Lalu, untuk mengawali pagi hari yang indah, bisa dengan carilah kabar baik yang bisa mendorong perasaan menjadi baik juga.

“Dalam studi yang saya lakukan dengan Arianna Huffington dan peneliti Shawn Achor, kami menemukan bahwa menonton tiga menit berita yang positif dan berfokus pada solusi, dibandingkan dengan berita negatif di pagi hari dapat menyebabkan kemungkinan 27% lebih tinggi membuat hari seseorang menjadi bahagia,” ujar Gielen.

Mulailah hari moms dengan kisah inspiratif tentang seseorang atau organisasi yang mengatasi tantangan atau berfokus pada solusi untuk menciptakan perubahan positif. (Red)

Sumber : nakita.id

loading...