Beranda Gaya Hidup Mantap! Minum Kopi Ternyata Tingkatkan Kesehatan Jantung  

Mantap! Minum Kopi Ternyata Tingkatkan Kesehatan Jantung  

Ilustrasi - foto istimewa beritagar.id

Sebuah studi baru melihat adanya hubungan antara konsumsi kopi dengan peningkatan kesehatan jantung.

Faktanya, konsumsi empat cangkir kopi per hari membantu melindungi sel kardivaskular dari kerusakan dan membantu memperbaikinya.

Studi yang dipublikasi dalam PLOS Biology tersebut menemukan bahwa kafein dapat meningkatkan kesehatan sela dalam pembuluh arteri danbena, sehiangga memperkuat kemampuan menyembuhkan.

Para penelti dari from Heinrich-Heine-University dan IUF-Leibniz Research Institute di Jerman tersebut menemukan bahwa minum kopi, atau minuman berkafein lainnya, menguntungkan pada usia lansia, yang lebih berisiko terkena penyakit jantung.

Menurut studi tersebut, kafein menginduksi pergerakan protein yang disebut p27 ke mitokondria yang pada akhirnya melindungi sel-sel otot jantung dari kematian sel dan membantu memperbaiki otot jantung.

Penelitian tersebut dilakukan pada tikus, tetapi para peneliti menyimpulkan bahwa minum empat cangkir kopi adalah optimal pada manusia.

Dalam percobaan, kafein adalah pelindung terhadap kerusakan jantung pada tikus pra-diabetes, obesitas, dan pada tikus tua.

“Hasil penelitian kami menunjukkan manfaat lain kafein, yang mempromosikan perlindungan dan perbaikan otot jantung melalui aksi mitokondria p27,” kata penulis studi Profesor Judith Haendeler.

Hasil tersebut mengarah pada strategi yang lebih baik untuk melindungi otot jantung dari kerusakan, termasuk pertimbangan konsumsi kopi atau kafein sebagai faktor makanan tambahan pada populasi lansia.

“Selain itu, meningkatkan mitokondria p27 dapat berfungsi sebagai strategi terapi potensial tidak hanya pada penyakit kardiovaskular tetapi juga dalam meningkatkan durasi hidup.” (Red)

Sumber : medcom.id

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini