CILEGON – PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) – SOR II Area Cilegon menyediakan layanan pelanggan Catat Meter Mandiri (CMM) melalui PGN Mobile dan WhatsApp. Inovasi itu dilakukan untuk meningkatkan kualitas layanan kepada pelanggan gas bumi rumah tangga.
Area Head PGN Cilegon, Liestya Heryani Devi mengungkapkan, sistem CMM merupakan bagian dari upaya PGN membangun pelayanan yang mudah, transparan, dan ramah bagi pelanggan.
Android BantenNews.co.id
Download di Playstore. Baca berita tanpa iklan, lebih cepat dan nyaman lewat aplikasi Android.
Melalui CMM, pelanggan dapat melaporkan angka meter gas bulanan langsung melalui pesan WhatsApp tanpa harus menunggu kunjungan petugas ke rumah.
“Para pelanggan dapat menghubungi di nomor 0815-1150-0645. Khusus untuk layanan WhatsApp official PGN hanya menerima pesan teks tanpa panggilan suara maupun video,” katanya, Kamis (9/10/2025).
Liestya mengungkapkan, melalui CMM pelanggan juga dapat melaporkan angka stand meter gas secara mandiri setiap bulan.
Fitur ini menjadi solusi untuk mengatasi keterbatasan pencatatan meter yang dilakukan oleh petugas PGN setiap tiga bulan sekali. Dari hasil CMM, tagihan gas pelanggan akan dihitung berdasarkan pemakaian aktual.
“Proses pelaporan CMM sangat mudah. Pelanggan dapat mengirimkan foto meter gas dan memasukkan angka stand meter yang terbaca dengan jelas. Apabila laporan dikirim lebih dari satu kali, PGN akan menentukan data yang digunakan sebagai dasar tagihan,” ungkapnya.
Meski begitu, ia juga menyampaikan jika ada petugas PGN yang melakukan pencatatan di bulan yang sama dengan pelaporan CMM, data dari petugas PGN akan menjadi dasar penagihan. Data CMM tetap akan diverifikasi untuk memastikan keakuratannya.
Diketahui, CMM dapat dilaporkan antara tanggal 1 hingga 20 setiap bulannya. Untuk mempermudah pelanggan, PGN juga menyediakan fitur pengingat tanggal pencatatan meter melalui WhatsApp.
“Kami ingin pelanggan merasa lebih dekat dan mudah berinteraksi dengan PGN. Cukup melalui WhatsApp atau PGN Mobile pelanggan dapat mencatat meter, melihat tagihan, hingga mendapatkan berbagai informasi layanan gas bumi. Semuanya praktis dan tetap aman,” ujar Liestya.
Dengan layanan digital yang lebih mudah diakses, Liestya menegaskan PGN berkomitmen memberikan pengalaman berlangganan gas bumi yang semakin aman, transparan, dan modern bagi masyarakat Cilegon.
“PGN juga mengingatkan pelanggan untuk senantiasa menjaga aspek keselamatan (HSSE) dalam penggunaan gas bumi. Pelanggan diimbau untuk memastikan instalasi gas di rumah tetap terawat, ventilasi ruangan memadai, serta segera melapor ke PGN Contact Center 135 (ekstensi 5) jika mencium bau gas atau mengalami kendala lainnya,” tutupnya.
Penulis : Maulana
Editor : Tb Moch. Ibnu Rushd