Beranda Bisnis Cilegon Alami Inflasi Tertinggi di Banten

Cilegon Alami Inflasi Tertinggi di Banten

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Banten Dodi Herlando.
Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Banten Dodi Herlando.

SERANG – Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Banten Dodi Herlando menyampaikan selama Maret 2023, Kota Cilegon mengalami inflasi tertinggi sebesar 0,32 persen dengan Indeks Harga Konsumen (IHK) sebesar 117,40 poin.

Kepala BPS Provinsi Banten, Dodi Herlando mengatakan dari pantauan IHK di tiga kota di Banten, dua kota mengalami inflasi yaitu Kota Serang dan Kota Cilegon. Sedangkan satu kota mengalami deflasi.

“Inflasi terendah terjadi di Kota Serang sebesar -0,14 persen dengan IHK 118,47 sedangkan inflasi tertinggi terjadi di Kota Cilegon sebesar 0,32 persen dengan IHK sebesar 117,40,” kata Dodi, Senin (3/4/2023).

Dodi menjaskan, inflasi terjadi karena adanya kenaikan harga yang ditunjukkan oleh naiknya sebagian besar indeks kelompok pengeluaran. Sebaliknya, deflasi terjadi karena adanya penurunan harga yang ditunjukkan oleh turunnya sebagian besar indeks kelompok pengeluaran.

“Dari 11 kelompok pengeluaran, 8 kelompok pengeluaran mengalami inflasi, 3 kelompok pengeluaran tidak mengalami perubahan indeks. Kelompok makanan, minuman, dan tembakau mengalami inflasi sebesar 0,27 persen,” jelasnya.

“Kelompok pakaian dan alas kaki mengalami inflasi sebesar 0,05 persen; kelompok perumahan, air, listrik dan bahan bakar rumah tangga mengalami inflasi sebesar 0,01 persen; kelompok perlengkapan, peralatan, dan pemeliharaan rutin rumah tangga mengalami inflasi sebesar 0,04 persen; kelompok kesehatan mengalami inflasi sebesar 0,49 persen,” sambungnya.

Untuk kelompok transportasi mengalami inflasi sebesar 0,29 persen; kelompok penyediaan makanan dan minuman/restoran mengalami inflasi sebesar 1,53 persen; kelompok perawatan pribadi dan jasa lainnya mengalami inflasi sebesar 0,22 persen; sedangkan kelompok informasi, komunikasi, dan jasa keuangan; kelompok rekreasi, olahraga, dan budaya dan kelompok pendidikan tidak mengalami perubahan indeks.

Secara umum, Dodi menyebut, inflasi di Banten selama Maret 2023 sebesar 1,35 persen dan tingkat inflasi tahun ke tahun (Maret 2023 terhadap Maret 2022) sebesar 5,39 persen.

“Provinsi Banten mengalami inflasi sebesar 0,12 persen dan Nasional mengalami inflasi 0,18 persen,” ucapnya. (Mir/Red)

 

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News