Beranda Gaya Hidup Cegah Stunting Dinas Ketapang Lebak Ajak Optimalisasi Lahan Pekarangan

Cegah Stunting Dinas Ketapang Lebak Ajak Optimalisasi Lahan Pekarangan

LEBAK – Dinas Ketahanan Pangan (Ketapang) Kabupaten Lebak menggelar seminar penganekaragaman pangan dan perbaikan gizi masyarakat di gedung PKK Kabupaten Lebak, Kamis (15/11/ 2018).

Kegiatan tersebut untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang pola hidup sehat dengan cara mengkonsumsi bahan pangan yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh serta mencegah stunting atau kekurangan gizi.

Plt Kepala Dinas Ketapang Kabupaten Lebak, Rahmat Yuniar mengatakan seminar ini mengangkat tema cegah stunting melalui optimalisasi pemanfaatan lahan pekarangan dan penganekaragaman pangan lokal. Tujuannya agar ibu penggerak PKK bisa memanfaatkan pekarangan untuk ditanami oleh pangan.

“Jadi kita coba ajak PKK untuk menanam bahan pangan di pekarangan agar stunting di Kabupaten Lebak bisa dicegah,” kata Rahmat.

Menurutnya, stunting dapat terjadi akibat makanan yang dikonsumsi oleh masyarakat tergolong tidak sehat. Melalui seminar ini masyarakat harus bisa menerapkan pola hidup sehat dengan mengkonsumsi bahan pangan yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

“Kebanyakan ini menyerang balita, karenanya masyarakat harus bisa memanfaatkan pekarangan untuk menanam pangan yang positif agar asupan gizi terhadap anak bisa dikontrol,” ucapnya.

Rahmat mengaku untuk mendukung pencegahan stunting Dinas Ketapang sendiri memiliki beberapa program di antaranya desa mandiri pangan dimana pada tahun 2018 telah dilaksanakan desa Kalanganyar Kecamatan Kalanganyar, Desa Jagaraksa Kecamatan Muncang dan Desa Datarcae Kecamatan Cirinten.

“Dan di tahun 2019 juga kita mendapatkan bantuan 10 desa untuk melaksanakan kegiatan Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) yang diyakini sebagai salah satu cara mencegah stunting,” jelasnya.

Rahmat berharap kegiatan yang diikuti TIM PKK dari 28 Kecamatan juga guru dari beberapa sekolah SMA/SMK di Kabupaten Lebak ini bisa membuka pola pikir masyarakat untuk mulai memanfaatkan pekarangan agar ditanami bahan pangan.

“Kita berharap seminar yang diberikan kepada tim penggerak PKK dan guru ini juga bisa kembali disebarkan kepada masyarakat luas, agar Kabupaten Lebak terbebas dari stunting,” imbuhnya. (Ali/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini