Beranda Kesehatan Cegah Infeksi, Ini Cara Bersihkan Telinga Yang Aman

Cegah Infeksi, Ini Cara Bersihkan Telinga Yang Aman

Ilustrasi - foto istimewa detik.com

SERANG – Memiliki kotoran telinga adalah hal yang normal. Tetapi jika kotoran menumpuk dan mulai menimbulkan gejala tidak enak seperti gangguan pendengaran, ini patut untuk dibersihkan.

Kotoran telinga juga bisa memicu penyumbatan. Apalagi jika membersihkannya dengan cara yang salah, alhasil kotorannya bisa masuk lebih dalam dan menyebabkan masalah pendengaran.

Berikut beberapa langkah tepat membersihkan telinga yang dilansir dari pelbagai sumber :

1. Lap telinga dengan waslap basah

Mengelap telinga dengan waslap basah menjadi salah satu metode terbaik dan yang paling aman. Caranya dengan menggosok bagian luar telinga dengan lembut menggunakan kain lembab.

2. Bilas saluran telinga

Jika ada kotoran telinga yang menempel di saluran telinga, lakukan dengan membilas. Caranya, rendamlah bola kapas dalam air hangat, larutan garam, minyak mineral, atau hidrogen peroksida.

Setelahnya, miringkan telinga ke arah berlawanan dan teteskan di saluran telinga. Diamkan dan biarkan airnya sampai menetes dengan sendirinya. Lalu, miringkan kepala ke arah sebaliknya, seperti saat meneteskan air.

3. Pakai obat tetes telinga

Obat tetes telinga ini memiliki fungsi yang hampir sama dengan metode ‘irigasi telinga’ seperti poin kedua. Tetapi, penggunaanya dilengkapi dengan alat tetes, sehingga lebih steril.

Penjelasan di atas merupakan bagaimana cara membersihkan telinga dengan aman. Membersihkan telinga juga jangan terlalu sering. Sebab, hal tersebut justru bisa mengiritasi saluran telinga dan berdampak pada peningkatan keparahan infeksi. Apalagi jika membersihkannya dengan cara yang salah.

Jadi, sebaiknya bersihkan telinga secara teratur dengan mencuci bagian luar telinga saja. Jika membutuhkan prosedur yang lebih dari itu, kamu bisa berkonsultasi pada dokter THT untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Jangan melakukan hal-hal yang dilarang saat membersihkan telinga seperti menggunakan lilin telinga yang bisa memicu penumpukan lilin dan menyebabkan pendengaran terhambat serta risiko infeksi. Menggunakan lilin telinga tak selalu dapat mengeluarkan kotoran.

Selanjutnya, dilarang memasukkan benda tajam ke telinga saat membersihkannya. Sebab inj bisa menyebabkan pendarahan hingga mengganggu pendengaran.

(Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini