Beranda Pemerintahan Cegah Banjir dan Longsor, Pemkab Berupaya Pulihkan Hutan di Lebak

Cegah Banjir dan Longsor, Pemkab Berupaya Pulihkan Hutan di Lebak

133
0
Apel Pemulihan Lahan dan Sosial Ekonomi Masyarakat di Desa Banjarsari Kecamatan Lebakgedong - foto istimewa

LEBAK – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebak berupaya dalam proses pemulihan pasca bencana banjir bandang dan tanah longsor. Bersama pemerintah pusat melalui Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) RI, Pemkab Lebak mengadakan Apel Pemulihan Lahan dan Sosial Ekonomi Masyarakat di Desa Banjarsari Kecamatan Lebakgedong, Selasa (18/2/2020). Peserta apel terdiri dari Kelompok Tani, Relawan dan masyarakat di Kecamatan Lebakgedong.

Bupati Lebak, Iti Octavia Jayabaya bertindak sebagai Pembina Apel. Turut hadir dalam Apel, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Sekretaris Daerah, Para Asisten Daerah, serta beberapa Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kabupaten Lebak.

Dalam amanatnya Bupati Lebak, Iti Octavia Jayabaya menyampaikan upaya penanaman pohon dan reforestrasi ini bertujuan untuk memulihkan kembali fungsi hutan sebagai area resapan air, sehingga ke depan bencana banjir bandang dan tanah longsor tidak terulang kembali.

“Alam dan lingkungan adalah anugerah Tuhan Yang Maha Esa, maka mari kita jaga agar tidak menimbulkan bencana sehingga kejadian bencana baik bencana alam maupun non alam dapat dideteksi secara dini,” ujar Bupati melalui siaran tertulis.

Bupati juga meminta kepada seluruh jajaran Pemerintah mulai dari RT/RW sampai dengan muspika dan seluruh OPD di lingkup Pemkab Lebak agar dapat melaksanakan penyelenggaraan penanggulangan bencana secara menyeluruh, cepat, tepat dan terkoordinasi.

Sementara itu Tenaga Ahli BNPB, Amrin mengatakan sesuai dengan arahan Presiden RI bahwa untuk mencegah terjadinya kembali banjir bandang dan longsor di daerah hulu seperti Lebakgedong maka perlu dilakukan rehabilitasi dan reforestrasi kawasan terdampak bencana.

“Penanaman dilakukan hingga akhir Desember mendatang, untuk tanamannya sendiri ada banyak, ya salah satunya tanaman vetiver yang dapat mencegah longsor, kemudian ada juga tanaman keras,” jelas Amrin.

Setelah apel selesai, kegiatan dilanjutkan dengan penanaman secara simbolis oleh Bupati Lebak beserta jajaran.

(Red)