Beranda Peristiwa Cegah Abrasi, Relawan Pandeglang Tanam  Mangrove di Pantai Cibungur

Cegah Abrasi, Relawan Pandeglang Tanam  Mangrove di Pantai Cibungur

Penanaman mangrove di Pantai Cibungur. (IST)

PANDEGLANG – Relawan Kampung Siaga Bencana (KSB) bersama Pemerintah Kecamatan Sukaresmi dan Pramuka Peduli Kwaran Kecamatan Sukaresmi menggelar kegiatan penanaman pohon mangrove di  Pantai  Cibungur, Kecamatan Sukaresmi, Kabupaten Pandeglang Banten.

Tujuan penanaman sekitar 5.000 pohon mangrove tersebut untuk mencegah terjadinya abrasi di sepanjang pantai dan untuk mengurangi risiko bencana.

“Pohon mangrove selain berfungsi seperti tumbuhan untuk berkembang biak ikan laut juga ketika ada bencana Tsunami minimal bisa menghambat pergerakan air ke darat, mangrove juga memiliki fungsi sebagai penyerap gas karbondioksida dan penghasil oksigen,” kata Windu Darojat, Camat Sukaresmi saat acara penanaman Pohon Mangrove, Senin (22/8/2022).

Di tempat yang sama, Ketua Kampung Siaga Bencana (KSB) Kecamatan Sukaresmi, Yongki Fardiansyah mengatakan, bibit pohon Mangrove yang saat ini ditanam merupakan pemberian dari Dinas Sosial Provinsi Banten untuk ditanam di wilayah Kecamatan Sukaresmi.

“Sebagai relawan kebencanaan yang punya tugas melakukan mitigasi dan pengurangan risiko bencana, tentunya hal ini juga sebagai upaya KSB dalam mengurangi risiko bencana di wilayah Kabupaten Pandeglang khususnya Kecamatan Sukaresmi,” jelas Yongki.

Dirinya berharap, dengan ditanamnya pohon mangrove ketika terjadi bencana dapat terhambat gelombang ombak yang datang ke daratan sehingga efek yang ditimbulkan juga tidak terlalu berdampak besar.

“Tentunya bukan saja hanya menanam, tentunya kami akan merawat dan menjaga agar mangrove inj bisa tumbuh dan terjaga dengan baik,” ungkapnya.

Menurutnya, penanaman pohon mangrove ini disambut baik oleh masyarakat sekitar. Hal itu terbukti dengan banyaknya masyarakat yang ingin terlibat langsung saat penanaman pohon bermanfaat ini.

“Antusias peserta penanaman pohon mangrove pun sangat luar biasa, disamping adanya kegiatan penanaman pohon mangrove, di pesisir Pantai Desa Cibungur sedang dilangsungkan juga acara tasyakuran para nelayan di wilayah Desa Cibungur,” tutupnya. (Med/Red)