Beranda Gaya Hidup Cara Tetap Sehat Bila Kurang Tidur

Cara Tetap Sehat Bila Kurang Tidur

94
0
Ilustrasi - foto istimewa IDN Times

Tidur adalah sebuah aktivitas penting bagi tubuh. Pasalnya, dengan tidur tubuh kita akan beristirahat dan mengeluarkan racun secara alami. Semakin baik kualitas dan kuantitas tidur yang kita miliki, maka semakin besar pula manfaatnya bagi kesehatan.

Namun, walau sangat penting, tak sedikit orang yang sangat susah mendapatkan tidur berkualitas, apalagi dengan waktu yang pas. Seperti diketahui, jumlah waktu tidur normal seseorang adalah delapan jam sehari. Jika kurang dari itu, maka tubuh akan lemas dan tak bergairah. Akibatnya, berbagai macam ancaman kesehatan pun datang.

Nah, bagi Anda yang memiliki masalah serupa, yakni kurang tidur, ada baiknya untuk melakukan beberapa cara berikut ini agar tetap sehat dan terhindar dari penyakit. Berikut seperti dilansir doktersehat.com.

1. Makan yang Banyak

Jika Anda merasa lemas akibat kurang tidur, maka berilah tubuh asupan yang cukup. Caranya, Anda bisa makan yang banyak ketika sarapan. Cara ini terbilang ampuh untuk menjaga kebugaran tubuh bagi yang suka begadang. Selain itu, makanan yang Anda konsumsi akan memberikan cadangan energi sehingga tubuh tak lemas lagi.

2. Jangan Mengonsumsi Kopi

Biasanya, orang yang kurang tidur akan mengonsumsi kopi agar tak ngantuk. Dengan begitu, sama saja kita menggunakan kopi sebagai pemacu tubuh untuk berenergi. Hal itu adalah tindakan yang salah. Sebaiknya, jangan mengonsumsi kopi terlalu banyak, apalagi di pagi hari ketika perut masih kosong karena bisa membuat jantung berdebar.

3. Mandi

Selanjutnya, mandi adalah pilihan yang tepat ketika Anda kurang istirahat. Sebab, dengan mandi tubuh akan menjadi segar kembali. Selain itu, mandi juga bisa menstabilkan suhu di dalam tubuh. Sehingga bisa membuat tubuh menjadi bugar untuk menjalankan aktivitas sehari-hari.

4. Perbanyak Air Putih

Selanjutnya adalah perbanyak air putih. Cara ini tidak bisa ditawar apapun alasannya. Sebab, air putih sangat baik bagi kesehatan serta kebugaran tubuh. Ketika kurang tidur, tubuh biasanya akan lemas akibat dehidrasi. Nah, untuk mengatasinya, Anda memerlukan jumlah air putih yang lebih banyak. Cobalah untuk minum minimal delapan gelas sehari.

5. Berjemur

Yang terakhir adalah berjemur di pagi hari. Ketika Anda merasa tidur kurang berkualitas di malam hari, maka jangan bermalas-malasan di dalam kamar. Lebih baik ke luar untuk berolahraga dan berjemur. Sebab, dengan berjemur di pagi hari bisa membantu tubuh dalam produksi hormon serta vitamin. (Red)