Beranda Gaya Hidup Awas! Sering Tidur Larut Malam Tingkatkan Risiko Kematian Dini

Awas! Sering Tidur Larut Malam Tingkatkan Risiko Kematian Dini

54
0
Ilustrasi - foto istimewa HAI Online

Banyak orang yang sengaja tidur larut malam atau bahkan begadang. Ternyata kebiasaan tidur terlalu larut ternyata bisa bikin kita cepat mati.

Dilansir dari Shape, sebuah penelitian yang dipublikasikan hasilnya dalam jurnal berjudul Chronobiology International menghasilkan fakta bahwa sering tidur terlalu larut bisa meningkatkan risiko terkena penyakit berbahaya seperti diabetes, penyakit jantung, gangguan pencernaan, dan gangguan pernapasan. Berbagai masalah kesehatan ini bisa memicu kematian dini.

Dalam penelitian ini, 430 ribu peserta dilibatkan. Mereka diminta untuk mendeskripsikan dirinya sebagai orang yang aktif di malam hari atau di siang hari. Setelahnya, berat badan, indeks massa tubuh, lamanya tidur setiap malam, dan kondisi kesehatan atau penyakit yang diderita juga diperhitungkan. Penelitian ini dilangsungkan selama 6 tahun.

Hasil penelitian ini membuktikan bahwa mereka yang sering tidur larut malam ternyata memiliki risiko lebih besar untuk meninggal dini dibandingkan dengan mereka yang tidur di waktu yang normal dan bangun pagi dengan rutin. Hal ini disebabkan oleh tubuh yang tidak mendapatkan waktu tidur yang cukup dan terganggunya ritme sirkadian tubuh yang akhirnya berperan besar bagi kondisi kesehatan tubuh atau datangnya penyakit tertentu.

Melihat adanya fakta ini, sebaiknya kita mempertimbangkan diri untuk tidak tidur terlalu larut demi menjaga kesehatan tubuh. Ubahlah kebiasaan aktif di malam hari menjadi di siang hari dan dapatkan waktu istirahat yang cukup setiap hari agar tidak mudah terkena penyakit. (Red)

Sumber : doktersehat.com