Beranda Gaya Hidup Cara Praktis Perbaiki Kualitas Tidur yang Buruk

Cara Praktis Perbaiki Kualitas Tidur yang Buruk

58
0
Ilustrasi - foto istimewa IDN Times

Tidur merupakan cara paling jitu mengembalikan stamina ketika seseorang merasa lelah. Dengan tidur, badan kita akan kembali bugar ketika kita terbangun. Walaupun begitu jangan terlalu sering melakukan hal ini, karna selain akan di cap sebagai orang yang malas, juga bisa membuat tubuhmu melemah.

Mungkin sebagian orang belum begitu paham akan kualitas tidur mereka. Bahkan di antaranya banyak yang merasa pegal ketika terbangun dari tidurnya. Nah, untuk membuat kualitas tidur kita semakin baik, yuk kita lakukan tujuh tips yang dilansir IDN Times di bawah ini.

1. Melakukan terapi yoga

Tahukah kamu, jika melakukan yoga rutin selama 12 minggu dapat membantu menyingkirkan penyakit insomia? Hal ini dibuktikan dari hasil penelitian Group Research Institute bahwa terdapat 249 orang yang melakukan yoga dan hasilnya kualitas tidur mereka meningkat. Selain itu yoga diketahui juga mampu mengurangi tingkat stres dan depresi.

2. Minum jus ceri

Hasil para peneliti di Louisiana State University mengungkapkan bahwa jika seseorang minum jus ceri dua kali sehari secara rutin, maka dapat membantu meningkatkan kualitas tidur hampir 90 menit daripada orang yang tidak meminumnya. Hal itu dikarenakan buah ceri merupakan sumber alami dari melatonin, yaitu hormon yang mengatur siklus tidur dan bangun.

3. Melakukan terapi cahaya

Menurut pendapat salah satu perwakilan dari Universitas di Buffalo, ternyata cahaya memainkan peran utama dalam menjaga ritme skardian tetap stabil. Itu berarti jumlah cahaya yang besar atau kecil dapat mempengaruhi siklus tidurmu. Maka dari itu untuk kamu yang terkena insomnia, disarankan untuk melakukan terapi cahaya dengan sebuah kacamata yang dilengkapi dengan lampu.

4. Gunakan kacamata berlensa kuning

Sudah bukan rahasia umum lagi jika sebelum tidur pasti kamu akan bermain gadget terlebih dahulu. Maka dari itu, disarankan memakai kacamata berlensa kuning, agar mengurangi efek buruk dari cahaya biru dari layar gadgetmu.

5. Sempatkan waktu untuk bermeditasi

Hasil analisis dari para peneliti di University of Southern California menemukan bahwa meditasi dapat memainkan peran dalam memecahkan masalah yang berhubungan dengan insomnia. Sudah terbukti, bagi mereka yang melakukan meditasi, kualitas tidurnya mengalami peningkatan. Selain itu, meditasi juga dapat menghilangkan depresi, stres dan rasa lelah.

6. Aturlah posisi tidurmu senyaman mungkin

Beberapa orang mungkin memiliki preferensi posisi tidurnya masing masing. Namun ketahuilah, tidak semua posisi tidur favoritmu dapat meningkatkan kualitas tidurmu. Dr. John Douillard mengatakan bahwa posisi tidur yang baik adalah menghadap ke sisi kananmu, karena bermanfaat untuk kesehatanmu.

7. Konsumsi sayuran sebelum tidur

Dengan khasiatnya yang luar biasa, maka sangat wajar bila sayuran dapat membantu meningkatkan kualitas tidurmu. Salah satunya yaitu kangkung. Sayur ini berfungsi untuk memicu rasa kantuk. Hal ini dikarenakan silenium dan zinc yang dapat membuatmu rileks dan merasa ngantuk.

Sudah siap untuk tidur nyenyak dan berkualitas malam ini? Yuk, terapkan tujuh tips di atas! (Red)