Beranda Kesehatan Cobain Minuman Sehat Ini Baik Diminum Pagi Hari Saat Bangun Tidur

Cobain Minuman Sehat Ini Baik Diminum Pagi Hari Saat Bangun Tidur

455
0
Ilustrasi - foto istimewa inspirationfreak.com

Tahukah bahwa bangun tidur sangat baik untuk minum? Ini karena saat tidur, tubuh kehilangan sejumlah cairan, baik dari keringat maupun urine.

Oleh sebab itu, saat bangun tidur pun penting bagi kita untuk segera menghidrasi kembali tubuh melalui minuman sehat.

Salah satu jenis minuman yang sangat baik untuk diminum di pagi hari adalah air putih.

Namun selain itu, ada juga beberapa jenis minuman lainnya yang bisa Mama jadikan pilihan.

Berikut rangkuman informasinya seperti dilansir popmama.com.

1. Infused water

Apabila Mama bosan minum air putih, Mama bisa menambahkan sedikit potongan buah segar dan menjadikannya sebagai infused water.

Rasanya tidak jauh berbeda dengan air putih, saat dingin justru akan terasa lebih menyegarkan lho, Ma.

Beberapa contoh potongan buah yang bisa Mama campurkan adalah lemon. Lemon mengandung banyak vitamin C yang dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh.

Selain lemon, Mama juga bisa menambahkan apel. Buah apel memiliki manfaat meningkatkan metabolisme, menurunkan tekanan darah dan membantu penurunan berat badan.

Sementara itu, ketimun juga bisa menjadi pilihan buah yang sehat karena dapat membuat tubuh Mama terhidrasi dan membantu mengeluarkan toksin.

Cara membuatnya, tuang air ke dalam botol kemudian tambahkan secukupnya potongan buah yang telah disebutkan di atas. Simpan selama 2 hingga 4 jam di dalam lemari es, kemudian bisa langsung Mama minum.

2. Air kelapa

Untuk Mama yang ingin minum sedikit rasa di pagi hari, cobalah untuk meminum air kelapa murni.

Dilansir Boldsky, minum air kelapa murni dalam perut kosong di pagi hari bermanfaat bagi kesehatan Mama.

Air kelapa murni mengandung asam laurat yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mempercepat metabolisme dan juga membantu penurunan berat badan.

Air kelapa juga kaya akan kandungan beberapa jenis vitamin dan mineral, termasuk elektrolit. Kandungan natrium dan kalium di dalamnya membantu tubuh Mama tetap terhidrasi dengan baik.

3. Jus sayur-sayuran

Jika Mama sempat, Mama juga bisa membuat jus sayur untuk dikonsumsi di pagi hari. Minum jus sayuran dapat memberikan tubuh Mama pasokan nutrisi dan antioksidan.

Tubuh diketahui dapat menyerap nutrisi lebih baik saat sayuran dikonsumsi dalam bentuk jus.

Beberapa jenis sayuran berdaun hijau yang bisa Mama konsumsi di antaranya bayam dan kale. Kedua jenis sayur ini dapat membantu meningkatkan energi tubuh.

Sayuran berdaun hijau juga memiliki tinggi kandungan zat besi, sehingga membantu menyuplai oksigen ke dalam sel dan menyegarkan tubuh Mama di pagi hari.

Untuk membuatnya, Mama bisa memotong kasar sayuran yang ingin Mama konsumsi, jangan lupa dicuci dulu sebelumnya. Masukkan ke dalam blender, tambahkan air putih atau air kelapa, kemudian tutup blender. Jus sayuran pun siap disaiikan.

4. Teh jahe

Selain teh manis biasa, teh jahe juga bisa Mama jadikan pilihan untuk diminum di pagi karena memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.

Beberapa di antaranya yakni mencegah diare dan rasa tidak nyaman di perut. Diketahui jahe mengandung gingerol. Ini adalah suatu komponen yang mampu mengatasi rasa tak nyaman di perut.

Selain itu, jahe juga mampu mengurangi nyeri otot dan meminumnya setelah berolahraga pagi pun akan bermanfaat bagi tubuh Mama.

Cara membuatnya, kupas dan parut jahe, kemudian tambahkan ke dalam secangkir air. Didihkan dan tambahkan sari perasan lemon atau sedikit madu. Saring dan teh siap dikonsumsi.

5. Sari aloe vera

Sari lidah buaya atau aloe vera mengandung sifat anti-inflamasi yang membantu mengurangi peradangan gastrointestinal dan bermanfaat bagi Mama yang mengalami masalah pada usus.

Konsumsi sari aloe vera juga dapat membantu menyembuhkan masalah pencernaan seperti sembelit, gangguan asam lambung dan kembung.

Untuk membuat sari aloe vera, Mama bisa memotong daun lidah buaya dan ambil potongan gel putih di dalamnya.

Ambil sekitar 2 sendok makan gel lidah buaya dan masukkan ke dalam blender. Tambahkan 3 gelas air dan campurkan. Sari aloe vera pun siap dikonsumsi. (Red)