Beranda Kesehatan Cara Mudah Bangun Pagi yang Lebih Menyenangkan

Cara Mudah Bangun Pagi yang Lebih Menyenangkan

Ilustrasi - foto istimewa hellosehat.com

Bangun pagi merupakan hal yang cukup sulit bagi sebagian orang. Apalagi, pada saat musim hujan atau ketika liburan. Godaan dari kasur, bantal, guling, dan selimut sangatlah besar.

Apabila kebiasaan seperti ini diteruskan, pasti akan berakibat buruk pada pekerjaan kita nanti. Akan ada banyak pekerjaan yang tertunda dan menjadi semakin menumpuk yang pastinya akan menjadi masalah bagi kita.

Tapi tenang saja, pada artikel kali ini, saya akan menjelaskan beberapa cara agar kamu mampu bangun di pagi hari. Berikut penjelasannya:

1. Mempersiapkan segala sesuatu di malam hari

Hal terbaik yang wajib kita lakukan adalah mempersiapkan segala sesuatunya di malam sebelumnya.

Hal ini pasti akan membuat kamu lebih siap untuk bangun dan bangkit dari tempat tidurmu di pagi hari.

2. Yakinkan diri

Apabila Kamu terus-menerus mengatakan kepada dirimu sendiri bahwa kamu merupakan tipe orang yang tidak bisa bangun pagi, kamu salah! Dan saat inilah waktu yang tepat untuk mengubahnya.

Kamu harus mengatakan kepada dirimu sendiri betapa pentingnya bangun pagi bagi kehidupanmu.

Perlu kamu ingat, sugesti dari diri sendiri memiliki kekuatan yang sangat besar.

3. Biarkan cahaya masuk ke kamar

Usahakan cahaya matahari mengenai kulitmu ketika waktu bangun tidur telah tiba, itu akan membantu untuk mengatur ulang ritme sirkadian, dan juga mengirimkan pesan “waktunya untuk bangun” ke otak.

Bagi yang belum tahu, rtme sirkadian merupakan proses biologis yang menunjukkan osilasi endogen & berulang setiap sekitar kurang lebih 24 jam.

Oleh karena itu, sangat disarankan agar kamu tidur dengan tirai yang sedikit terbuka.

4. Jauhkan gadget dari kasur

Penting sekali agar kamu mematikan alat elektronik misalnya televisi dan ponsel, setidaknya 30 hingga 45 menit sebelum kamu tidur.

Hal ini akan membantu mengurangi tingkat kegelisahan & menghentikan otak dari ragsangan cahaya biru & juga ‘bombardir’ dari informasi. Alhasil kualitas tidurmu akan terjaga dan kamu pasti siap untuk bangun pagi.

5. Pola makan yang sehat

Sebaiknya, hindari alkohol dan juga kafein sebelum tidur merupakan hal yang sangatlah penting. Kedua zat tersebut dapat mengurangi kualitas tidurmu, sehingga akan berdampak pada gagalnya rencana bangun pagi kamu.

Sangat disarankan untuk menghindari kafein setelah jam 4 sore, karena efek kafein akan berjalan selama 5 jam.

6. Tetap optimistis

Salah satu hal penting yang bisa membantumu untuk bangun pagi adalah memastikan jika kamu memiliki sesuatu hal yang sangat kamu tunggu pada hari itu.

Kamu bisa bertanya kepada dirimu sendiri tentang hal apa yang sangat ingin kamu lakukan besok dan juga manfaat dari hal tersebut. (Red)

Sumber : VIVA.co.id

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disiniÂ