Beranda Kesehatan Pemkot Harap Keterlibatan Masyarakat Wujudkan Kota Serang Sehat

Pemkot Harap Keterlibatan Masyarakat Wujudkan Kota Serang Sehat

274
0
Muhammad Ikbal

 

SERANG– Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Serang, M. Ikbal menuturkan bahwa keterlibatan masyarakat dapat mempercepat upaya terwujudnya Kota Serang yang Sehat.

“Kota Serang Sehat merupakan dambaan semua lapisan masyarakat. Hal ini bisa diwujudkan secara cepat manakala masyarakat, ikut terlibat mewujudkannya pada semua tatanan,” ujarnya, Selasa (10/9/2019).

Pembina Forum Kota Serang Sehat (FKSS) Nanang SaepudinĀ menuturkan bahwa dalam menciptakan Kota Serang yang sehat, aman, dan bersih, dibutuhkan andil masyarakat di dalamnya.

“Sebenarnya FKSS itu lebih pada kesadaran masyarakat ya. Artinya, peran pemerintah itu sebenarnya hanya memberikan stimulus saja ya, rangsangan kepada masyarakat,” ujarnya..

Menurutnya, terlibatnya Pemkot Serang dalam perhelatan lomba Kota/Kabupaten Sehat tingkat nasional ini, baik menang ataupun kalah, hanya sebagai bentuk proses saja. Namun, tujuannya tetap pada kesadaran masyarakat, akan pentingnya hidup sehat.

“Yang lebih terpenting, masyarakat sadar bahwa hidup sehat itu dibutuhkan. Hidup nyaman itu dibutuhkan. Hidup aman itu dibutuhkan,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua FKSS Embay Mulya Syarief, mengatakan masuknya Kota Serang dalam perhelatan Kota/Kabupaten Sehat tingkat nasional ini, menjadi satu kebanggaan bagi Kota Serang.

“Alhamdulillah, baru 2019 ini berhasil masuk lomba di tingkat nasional. Tentu saja ini menjadi kehormatan buat Kota Serang. Ini merupakan hasil dari kerjasama dari seluruh pihak, dengan membantu agar FKSS mudah-mudahan berhasil di verifikasi tingkat nasional,” ujarnya.

Selain itu, ia mengaku bahwa dalam mewujudkan Kota Serang Sehat, itu cukup berat. “Jadi visi Kota Serang Sehat itu agak berat ya. Bersih, sehat, aman, dan nyaman bagi kita semua,” ujarnya. (Dhe/Red)