Beranda Kesehatan Cara Menyembuhkan Radang Tenggorokan dengan Cepat

Cara Menyembuhkan Radang Tenggorokan dengan Cepat

Ilustrasi - foto istimewa liputan6.com

Secara alami, ternyata ada cara menyembuhkan radang tenggorokan dengan cepat. Radang tenggorokan biasanya terjadi secara mendadak. Hal ini bisa terjadi karena cuaca yang ekstrim ataupun ketika daya tahan tubuh sedang menurun. Sebelum mengonsumsi obat, kamu bisa redakan radang tenggorokan dengan cara-cara alami.

Ada beberapa gejala yang dialami seseorang saat alami radang tenggorokan seperti sakit saat menelan, munculnya demam ringan, batuk dan pembengkakan kelenjar getah bening di sekitar leher.

Dikutip dari detikHealth, berikut beberapa cara menyembuhkan radang tenggorokan dan flu:

1. Perbanyak Minum Air Putih

Saat radang tenggorokan, kamu perlu lebih banyak mengonsumsi cairan untuk meringankan rasa sakitnya. Karena, ketika kekurangan cairan, tubuh tidak dapat menghasilkan cukup air liur dan lendir untuk menjaga tenggorokan tetap lembab. Hal ini dapat menyebabkan pembengkakan dan membuat peradangan semakin memburuk.

Dengan minum banyak air putih, selaput lendir akan tetap lembab dan bekerja lebih baik dalam melawan bakteri dan penyebab iritasi.

2. Berkumur dengan Air Garam

Cara menyembuhkan radang tenggorokan pada ibu hamil dan orang dewasa salah satunya adalah dengan air garam. Tindakan ini dipercaya dapat membantu mengurangi keluhan peradangan pada tenggorokan. Lakukan pada tenggorokan (gargle) 2 hingga 3 kali dalam sehari. Caranya adalah dengan mencampurkan setengah cangkir air putih dan seperempat sendok garam.

Jangan berikan cara ini pada anak-anak yang masih terlalu kecil atau belum mampu meludah ya.

3. Air Perasan Lemon

Cara menyembuhkan radang tenggorokan dan sariawan salah satunya adalah dengan air perasan lemon. Lemon tinggi akan antioksidan dan juga vitamin C yang dapat meredakan radang dan sariawan.

Kandungan astringent yang ada di dalam jus lemon dapat membantu mengurangi pembengkakan di jaringan tenggorokan dan menciptakan lingkungan asam sehingga dapat mematikan virus dan bakteri penyebab iritasi.

Caranya adalah dengan mencampurkan 1 sdt jus lemon dengan secangkir air hangat. Bisa juga dengan memeras lemon dan menambahkan sedikit madu untuk meredakan radang di tenggorokan.

4. Kumur Cuka Apel dan Garam

Cuka apel bersifat asam yang dapat melapisi tenggorokan sekaligus menciptakan lingkungan buruk bagi virus dan bakteri untuk bertahan hidup. Cara menyembuhkan radang tenggorokan bisa dengan mencampurkan 1/4 cangkir cuka apel dan 1/4 cangkir madu kemudian kumur dengan cairan ini setiap empat jam.

5. Kumur Air Kunyit

Kunyit mengandung minyak atsiri, curcumin, turmeron dan zingiberen yang dapat bermanfaat sebagai antibakteri, antioksidan, dan anti inflamasi. Cara menyembuhkan radang tenggorokan dengan cepat bisa campurkan 1/2 sdt kunyit bubuk dan 1/2 sendok teh garam ke dalam secangkir air hangat, kumur selama beberapa detik dan ulangi beberapa kali dalam sehari.

6. Menghirup Udara Lembap

Saat radang tenggorokan biasanya akan menjalar ke flu dan batuk. Cara menyembuhkan radang tenggorokan pada anak salah satunya bisa dengan pelembap udara (humidifier).

Udara yang lembap pada saluran napas bagian atas akan membantu membersihkan lendir dan cairan akibat peradangan. Cara lain yang bisa dilakukan untuk menyembuhkan radang tenggorokan dan flu adalah dengan menghirup uap panas yang terbuat dari air rebusan sereh dan beberapa tetes minyak telon untuk anak.

7. Konsumsi Makanan Lembut

Ketika menelan agak terasa sakit, sebaiknya pilih makanan yang bertekstur lembut supaya tidak melukai tenggorokan yang sedang radang. Makanan yang bisa kamu konsumsi adalah bubur ayam, sup hingga nasi tim.

8. Obat Pereda Nyeri

Selain cara alami, aspirin, parasetamol dan ibuprofen jadi obat-obatan yang dapat meredakan nyeri peradangan. Obat-obatan ini adalah kombinasi dari penghilang rasa sakit dan anti-peradangan, sehingga akan membuat Anda merasa lebih nyaman dan juga mengurangi beberapa pembengkakan yang terkait dengan sakit tenggorokan.

9. Berhenti Merokok

Masih merokok? Hal ini dapat memicu peradangan yang cukup parah. Jika kamu masih merokok disarankan untuk menghentikan kebiasaan ini. Dengan berhenti merokok jadi salah satu cara menyembuhkan radang tenggorokandan sariawan sehingga waktu pemulihan atau penyembuhan lebih cepat.

(Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini