Beranda Gaya Hidup Cara Menunjukkan Rasa Syukur untuk Hidup yang Lebih Bahagia

Cara Menunjukkan Rasa Syukur untuk Hidup yang Lebih Bahagia

Ilustrasi - foto istimewa IDN Times

Penelitian mengungkap bahwa perasaan yang penuh dengan rasa syukur akan meningkatkan kesejahteraan fisik dan mental. Kebiasaan jika hidup tanpa ada rasa syukur seringkali merupakan kehidupan yang tidak bahagia.

Maka dari itulah biasakanlah dalam kehidupanmu untuk bersyukur dalam kehidupan sehari-hari agar kamu mendapatkan kehidupan yang lebih baik dan kehidupan yang lebih bahagia.

1. Beri ucapan terima kasih yang tulus kepada orang-orang

Hal yang paling baik ialah setiap kali kamu mengucapkan kata terima kasih, di situ kamu sudah membangun harga dirimu. Alhasil, kamu belajar jadi makin percaya diri. Hal ini bisa membuat hidupmu makin berjalan positif dan kamu akan lebih puas dengan apa yang ada di kehidupanmu.

2. Bersyukurlah di pagi hari

Luangkan waktumu setiap satu menit di pagi hari, untuk mengucapkan rasa syukur karena sudah diberi tambahan satu hari lagi untuk bernafas. Dengan menerapkan ini, kamu bisa menjalani harimu dengan bahagia dan positif.

3. Jadilah pendengar yang aktif

Buatlah mereka merasa penting dengan hanya memperhatikan mereka ketika berbicara. Dengan begitu kamu bisa menambah kepercayaan diri mereka sekaligus mempererat relasimu dengan mereka.

4. Kurangi amarah, perbanyak rasa syukur

Marah tak pernah membawa keuntungan. Marah itu boleh, tapi jangan biarkan berlarut-larut. Sebaliknya, perbanyak rasa syukur untuk hal kecil di sekitarmu. Coba bayangkan, kalau di sisimu sekarang gak ada orang yang mau mendekatimu karena kamu suka marah. Tentu duniamu akan makin sepi bukan?

5. Ketika kamu menghadapi tantangan besar, bersyukurlah

Tantangan besar itu berarti kamu dipercaya untuk hal yang besar juga. Bersyukurlah untuk tantangan itu, artinya kamu punya kesempatan untuk belajar lebih baik dan menjadi lebih dewasa.

6. Berikan pujian

Tak ada orang yang tidak suka pada pujian. Saat ada temanmu yang dapat prestasi, berikanlah pujian. Hal positif dengan menerapkan hal ini orang lain akan menjadi sangat menghargaimu.

7. Buatlah daftar syukur

Untuk lebih mengingat apa hal yang sangat berharga yang telah kamu dapatkan di setiap harinya kamu bisa melakukan trik ini. Temukan tempat yang tenang, dan tulislah sepuluh hal kamu syukuri dalam hidup. Bacalah daftar itu sesering mungkin untuk mengingatkan kamu tentang semua hal baik dalam hidupmu.

Ada banyak cara untuk menunjukkan rasa terima kasih. Cara yang paling menakjubkan adalah melakukan salah satu tindakan paling sederhana yang akan menghangatkan hati orang-orang. (Red)

Sumber : IDN Times

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini