Beranda Gaya Hidup Cara Mengelola Uang Agar Tak Cekak Saat Tanggal Tua

Cara Mengelola Uang Agar Tak Cekak Saat Tanggal Tua

Ilustrasi - foto istimewa boombastis.com

Gaji sebesar apapun tapi tanpa kontrol yang tepat akan membuatmu kelabakan saat mendadak kekurangan uang di tanggal tua.

Yuk, bebaskan diri dari label sobat miskin saat tanggal tua dengan kiat mengelola keuangan yang tepat berikut ini.

1. Belajar Menjalani Hidup Lebih Sederhana

Gaya hidup yang berfoya-foya dan berlebihan sering dituding sebagai penyebab susutnya gaji dan tabungan dengan cepat. Mulai ubah caramu menjalani hidup dengan lebih sederhana, misalnya dengan mempersiapkan bekal dari rumah ketimbang membeli makan siang di cafe atau tempat makan di kantor.

Selain itu, lakukan penghematan lain dengan olahraga di rumah daripada membayar keanggotaan gym, hingga berbelanja sesuai kebutuhan dan bukan mengikuti keinginan spontan.

2. Tidak Gampang Kalap Belanja

Begitu menerima gaji, pikiran akan langsung melayang pada ponsel terbaru yang diinginkan, busana kerja keren di butik favorit, atau pernak-pernik yang sudah lama diincar.

Apalagi kalau sudah bad mood akibat kena tegur atasan maupun dikejar deadline, tidak sedikit yang membenarkan kebiasaan kalap belanja untuk mengembalikan suasana hati.

Pikir dua kali sebelum membelanjakan uangmu dan bedakan mana yang jadi kebutuhan atau sekadar keinginan semata.

3. Mengurangi Kebiasaan Nongkrong Fancy

Menghabiskan waktu di restoran atau cafeyang lagi hits di kalangan media sosial sudah jadi hal biasa bagi generasi muda. Tapi jika dihitung-hitung, pengeluaran yang dilakukan setiap kali menjajal secangkir kopi dan kudapan fancy lumayan menguras dompet.

Coba kurangi kebiasaan nonkrong di tempat-tempat trendi demi gengsi. Tanpa harus mengorbankan hubungan dengan teman, coba cari alternatif lain, misalnya nonton film di rumah, berkumpul sambil olahraga bersama, atau menggelar potluck party di rumah.

4. Mengalokasikan Sebagian Penghasilan untuk Investasi

Begitu gaji ada di tangan, buat perencanaan anggaran yang sederhana. Mulai dari pembayaran tagihan, anggaran untuk kebutuhan utama, tabungan, dan investasi. Ada banyak jenis investasi yang bisa diikuti, misalnya asuransi, reksa dana atau membeli emas dengan nilai jual yang stabil.

Cara ini bukan hanya mendorong kebiasaan berhemat dan menabung, tapi juga dapat mengamankan kondisi keuanganmu di masa depan.

5. Membuat Beberapa Rekening Tabungan Berbeda

Mengalami kesulitan untuk berhemat? Miliki beberapa rekening bank yang berbeda. Satu rekening untuk kebutuhan sehari-hari, misalnya menerima gaji, membayar tagihan, hingga berbelanja.

Sedangkan rekening lainnya dimanfaatkan untuk menabung maupun berinvestasi. Rencanakan berapa persen gaji yang harus disisihkan untuk tiap rekening yang dimiliki. (Red)

Sumber : Dream.co.id

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini