Beranda Gaya Hidup Cara Mengatasi Stres yang Cocok untuk Perempuan Usia 20-an

Cara Mengatasi Stres yang Cocok untuk Perempuan Usia 20-an

47
0
Ilustrasi - foto istimewa Vemale.com

Di usia 20an, perempuan bakal dihadapkan pada banyak hal baru. Mulai dari urusan pekerjaan, hubungan, hingga berbagai rutinitas padat yang gampang bikin stres. Ditambah lagi dengan tekanan hidup di dunia modern yang makin berat, stres bisa dialami kapan saja.

Kalau ngomongin soal cara mengatasi stres, ada banyak cara yang bisa dipilih. Tapi khusus buat perempuan usia 20an, ada empat langkah yang cukup efektif untuk mengatasi stres. Untuk lebih detailnya, yuk kita bahas di sini satu per satu seperti dikutip dari Vemale.com ini.

1. Terima dulu kondisi stresmu

Ini langkah yang penting tapi kadang begitu sulit untuk dilakukan. Saat kamu merasa stres, terima kondisimu dengan sebenar-benarnya. Kalau kamu malah sok merasa kuat, nantinya kamu malah menyiksa tubuh dan pikiranmu. Dikutip dari lifehack.org, saat kita bisa menerima kondisi stres, kita akan lebih mudah mengenali dan mengendalikan emosi kita. Sehingga kamu bisa benar-benar mengontrol diri dan tidak terjebak pada kebiasaan buruk seperti melampiaskan stres pada makanan atau malah melukai diri sendiri.

2. Buat sebuah perubahan dalam rutinitasmu

Kalau cuma diam saja, stres yang kamu rasakan bakal memburuk. So, coba deh lakukan sesuatu. Setidaknya buat sebuah perubahan dalam rutinitas atau aktivitasmu. Misalnya, bila selama ini kamu sering stres karena jadwal kantor yang sangat padat, coba manfaatkan waktu luang atau istirahat untuk melakukan sesuatu yang benar-benar kamu suka. Atau kamu bisa mengubah dekorasi kamar atau ruang kerja untuk menghadirkan mood yang lebih menyenangkan.

3. Cari teman curhat

Mengeluarkan semua uneg-uneg pada orang yang tepat bisa bantu meringankan perasaan. Coba cari teman curhat dan ceritakan semua hal yang bikin kamu stres atau tertekan. Dengan begini, pikiranmu bisa terasa lebih jernih. Syukur-syukur kalau temanmu bisa membantumu menemukan solusi atau jalan keluar dari kebuntuan yang kamu rasakan.

4. Liburan

Liburan ini nggak harus pergi ke tempat yang jauh dan mahal. Kamu bisa mengunjungi tempat yang kamu yakini bakal membuatmu bahagia. Atau sekadar memanjakan diri menghabiskan hari melakukan hal yang kamu suka. Intinya, bahagiakan dirimu. Setelah kamu bisa mendapatkan good mood-mu kembali, stres akan hilang dengan sendirinya.

Dalam situasi tertentu, stres memang sulit untuk dihindari. Tapi selalu ada hal yang bisa kita lakukan untuk mengatasinya. Semoga tips-tips di atas bermanfaat buatmu, ya ladies. (Red)