Beranda Kesehatan Cara Melawan Lelah dan Menstabilkan Mood Setelah Bangun Tidur

Cara Melawan Lelah dan Menstabilkan Mood Setelah Bangun Tidur

645
0
Ilustrasi - foto istimewa hellosehat.com

Setelah tidur, Anda akan mendapatkan tubuh yang sehat, segar, dan mood membaik. Sayangnya tidak  sedikit juga yang bangun tidur dalam kondisi lelah dan mood sangat buruk. Bahkan, saking tidak nyamannya, Anda jadi malas untuk kerja.

Kalau setiap hari Anda sering mengalami kondisi ini, berarti sedang terjadi masalah di tubuh. Oleh karena itu lakukan beberapa hal di bawah ini agar tidak terus mengganggu dan kualitas pagi Anda menjadi hancur.

Setelah bangun tidur kadang tubuh terasa sangat lelah. Selanjutnya mood menjadi sangat buruk tanpa sebab. Agar kondisi ini tidak terus terjadi, coba lakukan beberapa hal di bawah ini.

1. Menyalakan alarm dengan benar

Jangan melakukan snooze pada alarm dengan jarak yang sangat pendek, misal 5-10 menit. Kalau alarm bunyi berkali-kali, Anda akan menjadi kesal dan akhirnya mood saat pagi hari menjadi sangat berantakan.

Coba pasang alarm 1 jam sebelum jam bangun sebelumnya. Selanjutnya kalau melakukan snooze, set waktunya sejam lagi. Dengan melakukan ini Anda bisa bersiap bangun dan saat alarm kedua berbunyi, Anda tidak kebingungan atau malah kesal.

2. Langsung minum segelas air putih

Saat sedang tidur kita tidak akan makan dan minum selama 7-9 jam. Dalam jangka waktu yang lama ini tubuh akan mengalami penguapan dan volume udara di dalamnya mengalami penurunan. Kalau Anda tidak segera minum, kemungkinan terjadi dehidrasi akan besar.

Karena tubuh yang dehidrasi hanya bisa diatasi dengan minum, tenggak 1 gelas air hingga habis. Selanjutnya duduk sebentar lalu lanjutkan melalui aktivitas pagi seperti mencuci muka atau langsung mandi.

3. Lakukan peregangan

Setelah menenggak air putih satu gelas hingga habis, yang bisa dilakukan adalah melakukan peregangan. Lakukan peregangan di beberapa bagian tubuh yang masih sangat kaku. Kalau Anda bisa melakukan yoga akan lebih baik.

Peregangan dilakukan untuk mengembalikan aliran di dalam tubuh. Terkadang saat tidur ada bagian tubuh yang tertekuk. Dampaknya, aliran darah jadi terganggu dan membuat Anda jadi agak kesemutan di beberapa bagian tubuh. Setelah peregangan tubuh akan menjadi lebih segar dan tidak ada gangguan mood.

4. Segera basahi tubuh

Segera basahi tubuh dengan segera setelah Anda bangun dan melakukan peregangan. Anda bisa membasahi muka dengan air dingin dan gunakan sabun atau krim cuci muka agar menjadi lebih segar dari sebelumnya.

Kalau Anda ingin langsung bersiap kerja, ada baiknya untuk segera mandi dengan air dingin. Gunakan shower agar tubuh bisa mendapatkan air dengan intensitas rendah agar tidak membuat tubuh menggigil. Jangan gunakan shower dengan air hangat karena tidak akan ada efek kejut yang akan diberikan.

5. Makan pagi yang benar

Kalau Anda terbiasa sarapan ada baiknya setelah membersihkan diri atau sekadar cuci muka bisa langsung makan. Mengapa harus makan? Karena dengan makan Anda bisa mendapatkan suplai energi yang besar yang digunakan hingga bertemu dengan jam makan siang.

Makan pagi yang benar dan tidak menambah efek mood buruk dan mengantuk biasanya terbuat dari sayur dan buah. Selain itu kalau ingin mengonsumsi karbohidrat bisa menggunakan karbohidrat kompleks seperti ubi, singkong, atau oatmeal. Sesuaikan dengan ketersediaan bahan dan preferensi Anda.

6. Olahraga dan berjemur

Katakanlah Anda secara fisik tidak ada masalah. Tubuh sehat dan tidak terasa pusing setelah bangun tidur. Sayangnya, mood atau suasana hati kadang bisa menjadi sangat buruk sehingga olahraga bisa dijadikan salah satu cara untuk membuat pagi Anda lebih semangat.

Olahraga yang bisa dilakukan tidak harus yang sangat berat. Cukup lakukan olahraga yang bisa memberikan efek berkeringat. Anda bisa jogging sambil menikmati matahari pagi. Oh ya, matahari pagi bisa membuat tubuh menghasilkan vitamin D yang baik untuk tubuh termasuk mengatasi gangguan mood yang selalu buruk.

7. Hindari kopi terlalu banyak

Hindari kopi terlalu banyak saat pagi hari. Kopi memang memiliki efek untuk memberikan semangat untuk tubuh. Sayangnya kopi yang berlebihan di pagi hari bisa menyebabkan beberapa masalah pertama beser, kedua sakit perut, dan ketika jadi ketagihan.

Kalau Anda mengalami ketagihan kopi di pagi hari setelah bangun tidur efeknya akan berbahaya. Beberapa orang akan langsung pusing karena tubuh butuh asupan kafein dalam jumlah yang banyak sementara pagi hari kadang malas kalau mau ke dapur.

8. Mengatasi gangguan tidur

Bangun tidur dengan kondisi lelah biasanya disebabkan oleh gangguan tidur. Cara terbaik untuk mengatasi masalah ini adalah dengan tidak mengonsumsi kopi berlebihan setelah lewat pukul 18.00 atau 19.00.

Selain kopi, makan berlebihan juga tidak bisa dilakukan. Kalau Anda makan sejam sebelum tidur, masalah pencernaan akan membuat Anda mengalami gangguan tidur. Perut akan begah dan sering terganggu di tengah malam.

Selanjutnya, jangan sering begadang kalau memang tidak dibutuhkan. Kalau Anda senang sekali begadang, tidur tidak akan maksimal sebanyak 7-9 jam sehari. Esok pagi Anda akan merasa lelah berlebihan.

Tidurlah di ruangan yang nyaman dan bersih. Kalau Anda tidur di ruangan yang sangat kotor dan pengap, kualitas tidur akan menurun. Dampaknya kondisi lelah dan mood buruk akan dialami esok paginya.

Inilah ulasan tentang cara mengatasi lelah dan mood yang buruk setelah bangun tidur. Nah, bagaimana dengan pagi yang Anda alami? Selalu berjalan dengan wajar saja atau malah selalu malas dan mood tidak bisa dikontrol?. (Red)

Sumber : doktersehat.com