Beranda Gaya Hidup Cara Supaya Tidur Tak Ngiler

Cara Supaya Tidur Tak Ngiler

Ilustrasi - foto istimewa harapanrakyat.com

Ngiler saat tidur dianggap hal yang biasa atau normal, namun jika ketahuan orang lain pasti akan malu.

Akan tetapi Anda jangan cemas, pasalnya ada cara untuk menghilangkan kebiasaan tersebut. Nah berikut ini tips menghilangkan ngiler ketika tidur seperti dikutip harapanrakyat.com

1. Ganti posisi tidur

Apabila Anda mempunyai kebiasaan tidur dengan posisi tengkurap atau menyamping atau tengkurap, coba untuk saat ini rubah posisi tersebut dengan telentang sambil menaruh bantal atau guling di sisi kanan dan kiri. Selain itu, gunakan bantal yang empuk dan jangan terlalu tinggi.

Kemudian selama tidur usahakan leher biasakan terkulai dan jangan mendongak, dengan cara disangga menggunakan bantal, sehingga kepala akan sejajar dengan punggung atas serta tulang belakang.

Dengan posisi tersebut, maka air liur yang keluar dari tenggorokan akan ditamping, karena dibantu serta dicegah oleh gaya gravitasi yang akhirnya tidak akan keluar dari mulut.

2. Batasi makanan manis

Jika Anda mempunyai kebiasaan makan makanan manis, mulai dari sekarang kurangi makanan tersebut. Hal itu dikarenakan makanan manis dapat merangsang memproduksi air liur. Sehingga dengan membatasi makanan manis bisa mencegah ngiler ketika tidur.

3. Konsultasi ke dokter

Apabila selama tidur malam air liur yang keluar sangat berlebihan atau lebih banyak dari biasanya, maka disarankan untuk konsultasi ke dokter. Terlebih bersamaan dengan gejala lain seperti sulit bernapas, bengkak di bibir. Pasalnya, ngiler yang berlebihan dapat mengakibatkan iritasi serta rusaknya kulit.

Selain itu, air liur yang berlebihan bisa menyebabkan tersedak ketika tidur dan itu dapat membahayakan diri Anda. Saat menarik napas, air liur tersebut masuk ke dalam paru-paru yang bisa menyebabkan risiko terjadinya infeksi paru-paru, atau pneumonia aspirasi.

Kemudian, jika Anda mempunyai penyakit pilek, infeksi sinus serta alergi sebelum tidur sebaiknya minum obat terlebih dulu. Karena, penyakit tersebut bisa membuat tidur Anda tidak nyenyak dan ngiler yang disebabkan hidung tersumbat. (Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini