Beranda Cinta Cara Kalem Menyembuhkan Hati Setelah Putus Cinta

Cara Kalem Menyembuhkan Hati Setelah Putus Cinta

73
0
Ilustrasi - foto istimewa IDN Times

Putus cinta memang bikin hati perih dan menderita. Bahkan akibat sakit hati bisa butuh waktu yang lama untuk sembuh. Hidup bisa terpuruk saat kesedihan terus menyelimuti diri.

Kabar baiknya, sakit hati bukanlah suatu hal yang bertahan selamanya. Menurut penelitian di The Journal of Positive Psychology dibutuhkan 11 minggu untuk merasa lebih baik setelah hubungan berakhir. Namun penelitian lain mengatakan butuh lebih dari 18 bulan untuk sembuh dari perceraian.

Dikutip dari Vemale.com sebenarnya ada empat langkah utama yang mungkin bisa membantu diri Anda move on atau menghilangkan rasa sakit hati setelah berakhirnya hubungan. Apa saja?

loading...

1. Luangkan waktu untuk meratapi kesedihan

Bukan hal yang salah jika Anda merasa kehilangan orang yang Anda cintai bahkan hingga merasa tidak bisa hidup tanpanya. Namun penting untuk memahami kenyataan baru ini dan menerimanya sebelum melanjutkan hidup.

Ketika mengakhiri hubungan, Anda membutuhkan periode untuk kita memproses kesedihan ini. Ini menjadi periode di mana Anda akan merasa begitu patah hati dan merefleksikan hubungan serta perilaku dalam hubungan itu sendiri. Biarkan diri Anda mengenal kesedihan dan kesalahan yang terjadi, kemudian jadikan itu sebagai pelajaran untuk tidak lagi dilakukan di masa mendatang.

2. Temukan kembali diri Anda

Dalam hubungan, kebanyakan akan lebih fokus pada “kita” daripada “saya”. Ketika hubungan berakhir dan putus cinta, kembalilah menjadi diri Anda. Lakukan hobi Anda dan luangkan waktu bersama teman atau keluarga. Di tengah waktu sendiri ini, bisa jadi Anda menemukan hal-hal baru dalam diri dan membuat Anda merasa lebih baik. Tidak perlu bergegas ke hubungan yang baru.

3. Jangan takut meminta bantuan

Berakhirnya hubungan menjadi suatu hal yang mengejutkan Anda. Perlu waktu memang untuk menerima kenyataan. Jika Anda merasa teman di sekitar justru membuat Anda menjadi lebih baik, jangan ragu untuk memblokir diri dari mereka. Namun jika Anda butuh seseorang untuk berbicara, mintalah seseorang yang terdekat untuk mendengarkan Anda.

Jangan fokus pada kesalahan yang sudah Anda lakukan dalam hubungan. Melainkan fokus pada apa yang dapat Anda lakukan untuk membuat diri sendiri lebih baik.

4. Sembuh karena waktu

Mungkin Anda tidak menyadari jika waktu berperan penting untuk membantu Anda sembuh. Hanya saja memang dibutuhkan waktu yang lama. Yang perlu Anda pahami adalah hubungan terjadi karena adanya dua orang yang saling mencinta. Demikian juga dengan berakhirnnya hubungan yang pasti bukan hanya disebabkan oleh satu orang. Fokus pada hal positif dan masa depan. Sehingga Anda bisa menemukan cinta yang baru di masa mendatang. (Red)