Beranda Pendidikan Cara Jitu Pilih Jurusan Kuliah Supaya Gak Terjebak

Cara Jitu Pilih Jurusan Kuliah Supaya Gak Terjebak

Ilustrasi - foto istimewa danadidik.com

Jurusan kuliah seringkali membuat kita galau saat hendak memilihnya. Apalagi kalau kamu masih bingung mau menjadi apa nantinya.

Biar kamu gak salah pilih, ikutin lima jurus jitu untuk memilih jurusan kuliah berikut!

1. Jangan dipilih cuma karena pingin satu kampus sama pacar atau gebetan

Hal pertama yang perlu kamu waspadai! Pacar itu bisa jadi cuma sementara lho, apalagi kalau baru jadi gebetan. Kalau putus, kamu nanti malah susah move on dan bikin kamu gak fokus kuliah. Kalau kamu emang benar-benar minat jurusannya sih gak masalah, kalau gak? Udah penat di otak, penat di hati juga.

2. Pilih sesuai hobi yang kamu miliki

Memilih jurusan yang sejalan dengan hobi, akan membuatmu lebih mudah dalam mencapai cita-citamu kelak. Apalagi kalau hobi tersebut bisa sampai menjadi kariermu. Memang paling seru belajar apa yang kita gemari, tapi jangan salah mengartikan ya! Jangan karena kamu hobi tidur jadi pilih jurusan yang isinya bikin tidur terus di kelas.

3. Pilih sesuai kemampuanmu

Kalau kamu masih belum tahu minat kamu dimana, ada baiknya kamu memilih jurusan kuliah yang sesuai kemampuanmu. Setidaknya dengan kemampuan yang kamu miliki, kamu bisa beradaptasi dan mengembangkan dirimu atau bahkan malah bisa berprestasi di sana.

Misalnya nih kamu paling jago bahasa Inggris, maka kamu bisa ambil jurusan Sastra Inggris, atau ketika kamu gemar menulis bisa ambil jurusan Jurnalistik.

4. Pilih jurusan yang bikin nyaman

Memilih jurusan kuliah itu hampir sama seperti memilih pasangan, karena menyangkut dengan masa depan. Mana enak sih menjalin hubungan kalau gak nyaman? Kalau putus sama pacar masih bisa cari yang baru, kalau putus sama jurusan? Masa kamu mau SBMPTN lagi?

5. Cari yang bikin kamu penasaran

Karena kalau kamu penasaran sama jurusannya, kamu bisa jadi menikmati dengan setiap mata kuliah yang ada. Orang yang bikin penasaran aja asyik buat di-PDKT-in, apalagi jurusan. Tapi jangan sampai terlalu penasaran ya, yang ada nanti kamu gak lulus-lulus lho.

Itulah lima jurus jitu yang bisa kamu terapkan untuk memilih jurusan kuliah. Gimana, sudah gak bingung lagi kan? Semoga bermanfaat ya. (Red)

Sumber : IDN Times

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini