Beranda Kesehatan Tips Cara Hemat dan Ekonomis Supaya Paru-Paru Sehat

Tips Cara Hemat dan Ekonomis Supaya Paru-Paru Sehat

Ilustrasi - foto istimewa cermati.com

Paru-paru berfungsi begitu vital hingga membuat kita harus berusaha keras untuk menjaga paru-paru agar tetap sehat. Namun, kebiasaan buruk yang sering kita lakukan ternyata membuat paru-paru mengalami kerusakan secara perlahan, misalnya merokok.

Asap yang dihasilkan dari rokok telah terbukti sangat berbahaya bagi kesehatan paru-paru. Tidak hanya berbahaya bagi perokok aktif saja, tetapi juga bagi perokok pasif yang secara tidak langsung ikut menghirup asap rokok tersebut.

Agar paru-paru ternetralisasi dari asap rokok, berikut ini cara hemat dan ekonomis yang bisa buat paru-paru sehat. Berikut seperti dilansir cermati.com.

1. Perbanyak Konsumsi Kacang Kedelai

Olahan kedelai semisal tahu, tempe, bahkan susu kedelai mungkin bisa dijadikan sebagai olahan makanan yang lezat untuk memulihkan kesehatan paru-paru. Kandungan flavonoidyang terdapat pada kacang kedelai dipercaya mampu memperlambat proses peradangan pada paru-paru. Selain itu, kedelai juga dipercaya mampu melindungi paru-paru dari zat nikotin yang dalam jangka waktu panjang dapat menyebabkan penyakit kanker.

2. Minum Teh Hijau Sebelum Tidur

Khasiat teh hijau untuk kesehatan tampaknya tidak perlu dipertanyakan lagi. Zat antioksidan yang terkandung dalam teh hijau dipercaya ampuh untuk menghilangkan racun, meningkatkan fungsi organ hati, dan menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

Minum teh hijau sangat baik di konsumsi saat sedang bersantai pada sore hari. Namun, karena tujuannya untuk membersihkan paru-paru, disarankan untuk meminum teh hijau sebelum tidur agar racun yang terdapat pada paru-paru menjadi bersih saat bangun pagi di esok hari.

3. Konsumsi Jahe Setiap Hari

Jahe yang selama ini berguna untuk menghangatkan tubuh juga bisa digunakan sebagai obat yang menyehatkan paru-paru. Zat antiseptik dan antibakteri yang terkandung dalam jahe dipercaya mampu mengurangi kadar nikotin dalam paru-paru. Jahe bisa ditambahkan ke dalam bahan makanan atau diolah menjadi minuman lezat yang sangat cocok dikonsumsi pada pagi hari sebelum mulai beraktivitas.

4. Menambahkan Selenium ke dalam Bahan Makanan

Selenium merupakan salah satu sumber mineral yang memiliki kandungan enzim dan vitamin E. Gunanya untuk memperkuat kinerja paru-paru dalam tubuh manusia. Semakin banyak jumlah selenium yang dikonsumsi, semakin baik pula fungsi organ tubuh. Riset membuktikan kalau selenium sangat ampuh untuk mengurangi ataupun membunuh sel kanker yang ada dalam tubuh.

5. Memperbanyak Minum Air Putih

Air mineral atau yang dikenal dengan air putih memiliki khasiat yang sungguh luar biasa untuk tubuh manusia. Selain memperlancar proses metabolisme tubuh, air putih juga bisa melarutkan zat-zat beracun yang ada dalam tubuh, khsusunya paru-paru. Proses pembuangan zat beracun nantinya akan dikeluarkan bersamaan dengan urine saat kita buang air kecil.

Adapun jumlah air putih yang wajib kita konsumsi adalah sebanyak 2 liter atau 8 gelas setiap harinya. Jumlah tersebut merupakan batasan wajar. Artinya, kita diperbolehkan untuk mengkonsumsi lebih dari 2 liter air putih setiap hari demi memperlancar metabolisme dalam tubuh.

6. Mengonsumsi Jus Wortel secara Rutin

Bahan makanan yang termasuk olahan susu sebaiknya disingkirkan saat proses pembersihan paru-paru. Olahan susu tadi bisa digantikan dengan jus wortel yang dapat diminum dua kali sehari, yaitu pada pagi dan siang hari. Kandungan alkalin dan kalium pada wortel mampu memerangi toksin yang ada dalam tubuh sehingga paru-paru akan bersih secara perlahan-lahan.

7. Olahraga secara Teratur

Olahraga sangat bagus untuk meningkatkan kinerja paru-paru manusia. Olahraga ringan, seperti lari pagi, senam, atau berjalan kaki, secara tidak langsung akan membantu paru-paru untuk memompa oksigen ke seluruh tubuh. Olahraga lain, seperti lompat tali ataupun squat jump, juga bisa dijadikan alternatif lain untuk memperkuat fungsi paru-paru. (Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini