Beranda Cinta Cara Hadapi Putus Cinta Supaya Sedihnya Tak Berkepanjangan

Cara Hadapi Putus Cinta Supaya Sedihnya Tak Berkepanjangan

Ilustrasi - foto istimewa detik.com

Mungkin banyak orang merasa bahwa mereka sudah banyak berkorban dalam sebuah hubungan, namun tetap putus cinta.

Psikolog klinis Dr. Cortney Warren memberikan saran cinta untuk mereka yang baru saja putus cinta. Sarannya sangat berguna untuk melalui masa galau saat putus cinta.

Cara Menghadapi Putus Cinta Satu: Jauhi Media Sosial
Psikologis dan kontributor website cinta Exaholics pernah mengatakan bahwa salah satu cara agar lebih mudah untuk melalui kesedihan dan stres berat setelah putus cinta adalah dengan menjauhi media sosial. Menurut Dr. Cortney, di awal-awal putus cinta, cara tersebut sangat efektif untuk ‘puasa’ media sosial. Karena akan dengan mudahnya, mantan kekasih berseliweran di media sosial.

“Jika seseorang tengah berjuang dalam putus cinta dan terus merenung tentang mantan, aktif di media sosial hanya akan membuat sulit untuk move on dan masa penyembuhan patah hati akan lebih lama,” kata Dr. Cortney Warren, seperti dikutip dari detik.com.

Cara Menghadapi Putus Cinta Dua: Merasakan Kesedihan
Meskipun menghindari media sosial, bukan berarti Anda menghindari apa yang dirasakan saat putus cinta. “Akui perasaan (sedih atau galau) Anda,” ucap Dr. Cortney.

Jangan tahan diri untuk bersedih dan menangis saat putus cinta. Dengan menangis, setidaknya ada beban di hati yang bisa dilepas. Untuk mendukung masa galaumu, kamu mungkin bisa mendengarkan lagu putus cinta atau quotes putus cinta. Namun ingat jangan galau berkepanjangan setelah putus cinta.

Cara Menghadapi Putus Cinta Tiga: Curhat

Pakar cinta tersebut mengatakan bahwa kamu perlu terkoneksi dengan orang banyak setelah putus cinta. Jangan ragu untuk menemui teman atau saudara terdekat untuk curhat. Menjauhi diri dan hanya mengurung diri di kamar hanya semakin membuat Anda terpuruk.

“Tetap terkoneksi dengan orang-orang terdekat yang benar-benar mengertimu yang tidak akan menghakimu. Yang terpenting, kamu memahami apa yang kamu rasakan sehingga membatasi berhubungan dengan orang-orang yang bisa memicumu menjadi marah atau semakin sedih,” saran Dr. Cortney.

Saat putus cinta perasaanmu begitu sensitif, sehingga ketika kamu terlalu dinasehati atau bahkan disalahkan bisa membuatmu menjadi lebih terluka. Ceritalah kepada orang yang memang kamu anggap dekat dan bisa bijak dengan masalahmu ini.

Cara Menghadapi Putus Cinta Empat: Fokus Pada Pengembangan Diri
Selain itu, Dr. Cortney menyarankan agar kamu lebih fokus pada pengembangan diri setelah putus cinta.

“Apa yang kamu pelajari tentang dirimu selama hubungan dan putusnya hubungan akan membantumu di kehidupan selanjutnya. Pada akhirnya, setiap putus cinta adalah sebuah hadiah. Ada banyak hal yang bisa kamu dapat dan pelajari dari kejadian hidup ini,” pungka psikolog cinta tersebut.

(Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini