Beranda Kesehatan Capaian Vaksinasi Kabupaten Pandeglang Masih Rendah

Capaian Vaksinasi Kabupaten Pandeglang Masih Rendah

Ilustrasi - foto istimewa

PANDEGLANG – Capaian vaksinasi Kabupaten Pandeglang mengalami kenaikan sekitar 11,6 persen. Awalnya, capaian vaksinasi baru sekitar 26 persen, namun pada bulan ini naik menjadi 37,6 persen.

Namun demikian capaian tersebut masih terhitung rendah jika dibandingkan dengan target vaksinasi Kabupaten Pandeglang sebesar 56 persen yang ingin dicapai pada akhir tahun ini.

Bupati Pandeglang, Irna Narulita mengaku telah membentuk tim khusus di tingkat kecamatan supaya mendongkrak capaian vaksinasi sehingga target capaian bisa terpenuhi di akhir tahun ini.

“Ini harapan kita semua agar target vaksinasi tercapai, sehingga naik level 2 dan usaha masyarakat kembali normal. Jika mau bergerak semua, insyaallah bisa mencapai 65 persen dalam 6 minggu,” katanya, Sabtu (13/11/2021).

Kata Irna, tim khusus yang dimakasud adalah, tiap kecamatan akan membentuk 3 tim yaitu tim 1 adalah Kecamatan ditambah Puskesmas, tim 2 merupakan Koramil, dan tim 3 merupakan Polsek. “Dari tiga tim ini kami targetkan 450 orang setiap hari ditiap kecamatan,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Pandeglang, Raden Dewi Setiani mengatakan, mekanisme yang akan dilakukan oleh 3 tim yang dibentuk di seluruh Kecamatan yaitu mereka akan terjun langsung ke lapangan dengan menentukan tempat sebagai lokasi pelayanan.

“Setiap tim akan mengatur jadwal dan tempatnya sendiri, karena mereka yang tahu titik mana sasarannya banyak, yang terpenting setiap tim 150 orang jadi dalam satu hari akan tervaksin 450 orang di setiap Kecamatan,” tuturnya

Untuk mempercepat dalam pencapaian vaksinasi, dijelaskan Dewi, tenaga kesehatan tidak dibebankan untuk menginput data. “Yang input data semua dari tim Bina Wilayah (Binwil) yang dipusatkan di Pendopo Pandeglang, tugas tenaga kesehatan screening, vaksinasi dan observasi,” ujarnya.

“Data hasil vaksinasi nanti setiap hari dijemput oleh petugas dari Binwil, untuk pendaftaran dan pengerahan masa akan dilakukan oleh Koramil dan Polsek,” tutupnya. (Med/Red)

 

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini