Beranda Kesehatan Capaian Vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Serang Masih Rendah

Capaian Vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Serang Masih Rendah

Penyerahan Bantuan Tabung Oksigen Secara Simbolis dari Kadin Banten Kepada Pemkab Serang di Pendopo Bupati Serang, Senin (30/8/2021). Foto: Nindia/BantenNews.co.id

KAB. SERANG – Bupati Serang Tatu Chasanah mengakui masih rendahnya capaian angka vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Serang. Saat ini ia menyebutkan tingkat vaksinasi Covid-19 terhadap masyarakat Kabupaten Serang baru mencapai sekitar 261 ribu masyarakat, hal itu masih jauh dari yang target pemerintah untuk membentuk herd immunity.

“Dari target 1,2 juta Kabupaten Serang baru 261 ribu masyarakat. Ini kan masih jauh. Target pemerintah pusat kan 70 persen dari jumlah penduduk,” sambung Tatu usai menerima bantuan sejumlah tabung oksigen dan isinya dari Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) Provinsi Banten, Senin (30/8/2021).

Beberapa faktor yang menyebabkan kendala proses vaksinasi antara lain keterbatasan persediaan vaksin, tenaga kesehatan (nakes) yang memiliki izin register juga menjadi salah satu penyebab vaksinasi Covid-19 masih belum maksimal.

“Nah ini kalau untuk jumlah vaksinnya ada, vaksinnya ada, tenaga kesehatannya ada kan tidak menutup kemungkinan jumlahnya bisa dicapai. Karena nakes harus ada izin register vaksinator tidak bisa setiap nakes nyuntik,” kata Tatu.

Di sisi lain Kadin Banten terpanggil membantu memberikan tabung oksigen beserta isinya untuk Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang untuk membantu pasien Covid-19 yang saat ini tengah dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. Dradjat Prawinegara.

Wakil Ketua Umum Kadin Banten, Amir Hamzah mengatakan Kabupaten Serang menjadi Kabupaten pertama di Banten yang mendapatkan bantuan tabung oksigen dari Kadin Banten. Bantuan tabung oksigen yang diberikan yakni 20 tabung oksigen.

“Pendistribusian pertama di Kabupaten Serang, selanjutnya di Kabupaten dan Kota lainnya,” ujar Amir.

Selain itu, Kadin Banten akan mengadakan program vaksinasi dan pembagian sembako terutama untuk korban Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) yang terdampak Covid-19.

“Kami nanti selalu akan bersinergi dengan Bupati Serang dalam rangka vaksinasi di pusat-pusat industri,” katanya.

(Nin/Red)