Beranda Kesehatan Camat Kasemen Dorong Pencegahan virus Corona di Kota Serang

Camat Kasemen Dorong Pencegahan virus Corona di Kota Serang

Camat Kasemen Golib Abdul Mutholib. (Dok. BantenNews.co.id)

 

SERANG – Camat Kasemen Golib Abdul Mutholib mengimbau kepada seluruh masyarakat Kasemen, Kota Serang agar tetap waspada mengantisipasi penyebaran virus Corona atau Covid-19 di lingkungan masing-masing.

Golib menyarankan agar pencegahan Corona dimulai dari lingkungan terdekat mulai dari diri sendiri, lingkungan sekitar rumah hingga di level kelurahan.

“Wawar (pengumuman) sudah disampaikan melalui lurah, lurah memyampaikan kepada RW diteruskan kepada RT dan sampai ke warga,” kata Camat Kasemen didampingi oleh Sekretaris Camat Kasemen Hadiri di Kantor Kecamatan Kasemen, Kota Serang, Kamis (2/4/2020).

Camat Kasemen Gholib Abdul Mutholib (kanan) bersama Ketua DPRD Kota Serang Budi Rustandi dan Kapolres Serang Kota AKBP Edhi Cahyono berkoordinasi sebelm melakukan penyemprotan biodisifektan di lingkungan Kecamatan Kasemen. (Ist)

Imbauan tersebut kata dia sudah disampaikan kepada 10 lurah yang berada di wilayah Kasemen. Mulai dari Kelurahan Kasemen, Warung Jaud, Priyayi, Kilasah, Terumbu, Bendung, Sawah Luhur, Margaluyu, Banten dan Kasunyatan.

Untuk kelurahan yang memiliki Puskesmas seperti Kelurahan Kilasah, petugas setempat memanfaatkan ambulans untuk memberikan imbauan kepada masyarakat sekitar. “Wawar disampaikan menggunakan ambulans keliling,” jelas Golib.

Selama ini, kata Golib, masyarakat menerima pengumuman dan menaati imbauan yang diberikan oleh pihak kelurahan.

Penyemprotan tempat berkumpulnya warga, rumah ibadah sarana, pendidikan itu yang diutamakan. “Imbauan kepada mereka antara lain harus jaga kesehatan, jaga kebersihan, cuci tangan jangan lupa. Kegiatan dilarang ada kumpul-lumpul atau kerumunan masyarakat,” katanya.

Di salah satu kelurahan, kata dia, bahkan ada warga yang membatalkan resepsi pernikahan menunggu wabah Corona redam dan kehidupan kembali normal. “Jadi permintaan anaknya supaya pernikahan diundur. Alasannya kalau sudah nikah duluan, nanti males hajatan lagi. Jadi kepingin sekalian,” jelasnya.

Selain memberikan imbauan kepada masyarakat Kasemen, pihak kecamatan juga menerapkan standar kesehatan di lingkungan kerja. Mulai dari penyediaan hand sanitizer di ruang penerima kunjungan, piket hari kerja dan memasang pengumuman berupa famplet di lokasi strategis.

Di samping itu, pihak kecamatan juga mendorong agar setiap kelurahan pro aktif dalam melakukan penyemprotan biodisifektan yang telah disediakan oleh Pemkot Serang melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah dan Dinas Lingkungan Hidup Kota Serang.

“Sudah ada penyemprotan, di tiap-tiap kelurahan. Kelurahan juga menyediakan hand sanitizer untuk pegawai dan warga sambil tetap melakukan pelayanan kepada masyarakat,” katanya. (You/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini