Beranda Politik Buzzer Politik Diimbau Tak Buat Narasi yang Memecah Belah Bangsa

Buzzer Politik Diimbau Tak Buat Narasi yang Memecah Belah Bangsa

Ilustrasi - foto istimewa wowkeren.com

SERANG – Wakil Ketua MPR Ahmad Muzani memberikan pesan kepada para buzzer politik untuk lebih fokus dalam mempromosikan program calon presiden (Capres) atau calon wakil presiden (Cawapres) pilihannya. Dia tidak mau, buzzer politik membuat narasi yang bisa memecah belah bangsa.

“Untuk itu para buzzer boleh agungkan calon presidennya, boleh unggulkan program capresnya. Tapi jangan menjelek-jelekan orang lain, jangan mengorbankan persatuan kesatuan dan kerukunan masyarakat kita,” kata Muzani saat menghadiri acara peringatan Maulid Nabi Muhammad dan Haul Alm Bapak H Mas’ud di Desa Tembok Lor, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, Sabtu (5//11/2022).

“Gunakanlah handphone untuk mendukung produktivitas. Jangan gunakan handphone untuk mengadu domba, memfitnah karena itu bisa memecah belah bangsa dan persaudaraan antar umat,” sambung seperti melansir suara.com (jaringan BantenNews.co.id).

Dalam kesempatan yang sama, Sekjen Partai Gerindra tersebut menjelaskan kalau kehidupan berbangsa dan bernegara hari ini sedang dalam ketidakpastian. Hal itu menyebabkan harga-harga bahan pokok hingga BBM mengalami kenaikan.

Oleh sebab itu, penting menurut Muzani untuk membangun optimisme serta semangat persatuan dan kesatuan di tengah masyarakat dan umat menjadi penting. Terlebih Indonesia akan melaksanakan Pemilu pada 2024 mendatang.

“Jangan kita saling fitnah, saling gontok-gontokan. Kita harus jaga ukhuwah islamiyah. 2024 akan ada pemilu pilpres, perbedaan pilihan politik hal yang biasa. Tapi kita harus tetap bersatu membangun bangsa Indonesia,” ujarnya.

“Bangsa kita sangatlah besar, yang sudah lalu biarlah berlalu. Upaya para kyai, habaib, dan ulama-ulama kita untuk terus merukunkan umat dan masyarakat guna menjaga persatuan jangan diganggu dengan kepentingan-kepentingan politik.”

Buzzer Politik

Dengungan buzzer politik hingga saat ini masih terus bermunculan hingga membuat berbagai narasi untuk memanaskan gelanggang politik nasional yang akan digelar 2024 mendatang.

Terakhir yang membuat polemik, terkait pernyataan Pernyataan Ade Armando dalam kanal Youtube Cokro TV terkait Pilpres 2024. Pada video berdurasi 9 menit 15 detik itu, Ade Armando membawa-bawa nama Anies Baswedan, Ganjar Pranowo hingga umat Kristen.

Dia menyatakan, umat Kristen bakal menjadi bagian penting dalam kontestasi Pilpres 2024 mendatang.

“Umat Kristen di Indonesia memang minoritas, tapi jangan salah, umat Kristen akan memegang peran menentukan apakah Anies akan menang dalam Pilpres 2024,” ujar Ade Armando sebagaimana dikutip dari kanal video YouTube Cokro TV, Kamis (3/11/2022).

Menurutnya, Pilpres 2024 bakal berjalan ketat layaknya Pilpres 2014 lalu. Karena itu, suara minoritas justru akan menjadi penentu.

“Kalau umat Kristen kompak, Anies akan gagal, kalau suara umat Kristen terbelah, makan Anies akan melenggang menjadi Presiden,” ucapnya.

Asumsinya, kata Ade, Anies Baswedan benar-benar maju sebagai capres di 2024. Di mana, kata dia, ada empat nama yang berpotensi menjadi lawan Anies.

Mereka adalah Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto, Puan Maharani dan Airlangga Hartarto.

“Survei-survei tentang kredibilitas masih menempatkan Ganjar di atas Anies Baswedan,” katanya lagi.

Meski menurut survei Ganjar unggul atas Anies, kondisi itu belumlah aman. Karenanya, kata Ade, agama sangat menentukan.

“Walaupun suara umat Muslim terbelah, tapi lebih condong ada kecenderungan ke arah Anies,” ujar dia.

Sementara di sisi lain, Ade melihat umat Kristen lebih cenderung memberikan dukungannya kepada Ganjar Pranowo. Sehingga, jika umat Kristen tidak kompak (mendukung Ganjar), maka Anies akan menang di Pilpres 2024.

(Ril/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini