Beranda Kesehatan Bupati Zaki Khawatir Kasus Covid-19 Melonjak Pascaunjuk Rasa

Bupati Zaki Khawatir Kasus Covid-19 Melonjak Pascaunjuk Rasa

Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar - foto istimewa

KAB. TANGERANG – Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar mengungkapkan kekhawatirannya terhadap klaster unjuk rasa. Sebab diketahui pandemi Covid-19 masih meraja rela di Indonesia.

Dikatakan Zaki, dalam kerumunan massa yang dilakukan untuk berunjuk rasa menunjukkan adanya potensi itu. Pihaknya mengaku berhasil menemukan kasus Covid-19 pada saat masyarakat menggelar unjuk rasa Omnibus Law UU Cipta Kerja.

“Oktober ini kita sudah berhasil temukan kasus-kasus baru, bahwa demontrasi yang dilakukan tanggal 6,7 dan tanggal 8 Oktober lalu sudah ditemukan ada klaster-klaster demonstrasi tersebut,” katanya dalam Webinar di HUT Golkar ke-56, Selasa (20/10/2020).

Dari klaster tersebut, pihaknya menemukan delapan orang positif terpapar Covid-19. Dijelaskan Zaki, sebelum melakukan unjuk rasa delapan orang tersebut menjalani swab test, namun usai unjuk rasa hasilnya keluar dengan menunjukkan positif Covid-19.

“Saya tidak mau sebutkan namanya delapan orang itu. Artinya, delapan orang yang positif itu berpotensi menularkan kepada rekan-rekannya yang lain yang ikut serta demonstrasi pada tiga hari tersebut,” ungkap Zaki.

Ditambahkan, jika Pemkab Tangerang terus menelusuri aktivitas delapan orang itu untuk melacak potensi penularan akibat aktivitasnya. Termasuk juga melakukan swab test terhadap keluarga delapan orang pendemo tersebut.

“Kemana saja mereka tanggal 6,7 dan 8 Oktober itu. Termasuk keluarganya. Ini pelacakan terus kita lakukan,” tuturnya.

Sebelumnya angka kasus positif Covid-19 di wilayah Kabupaten Tangerang sejak tercatat 2.384 kasus. Dimana upaya melakukan kesembuhan, kata dia, cukup baik. Yakni di atas 80 persen dari total jumlah kasus.

Di Tangerang, kata Zaki puncak peningkatan kasus terjadi pada Agustus dan awal September lalu. Setelah itu, kasus Covid-19 mulai melandai. “Nah ini satu minggu ke depan saya tidak berharap tapi kondisi peningkatan paparan Covid-19 dari klaster demonstrasi kemungkinan akan temui,” kata Zaki.

(Ren/Red/SG)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini