Beranda Pemerintahan Bupati Iti Sebut Lebak Punya Banyak Keunikan

Bupati Iti Sebut Lebak Punya Banyak Keunikan

Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya

LEBAK – Melalui live Instagram Bupati Lebak, Iti Octavia Jayabaya berkesempatan berbagi cerita tentang daya tarik Kabupaten Lebak dalam “Salam Ramadhan, Cerita Indonesia” bersama Uni Lubis (Editor In Chief IDN Times), kegiatan tersebut merupakan salah satu program spesial Ramadhan dari IDN Times yang berfokus pada cerita daya tarik di daerah-daerah yang dimiliki oleh Indonesia.

Saat ditanya oleh Uni Lubis terkait apa yang menarik dari Lebak sehingga wajib dikunjungi, Bupati Lebak menjawab dengan lantang Karena Lebak memiliki banyak keunikan.

“Sekarang ini kan kita era modernisasi, era global, tetapi masyarakat Lebak masih tetap menjaga tradisi diantaranya yang kita miliki seperti suku Baduy yang menjaga adat, kemudian juga ada kasepuhan Banten Kidul, yang memiliki tradisi-tradisi tersendiri dengan keunikan dan kekhasannya,” ucap Bupati, Selasa (27/04/2021).

Bupati juga menjelaskan suku Baduy memiliki tradisi yang bernama Seba Baduy dimana mereka berkunjung dengan berjalan kaki menuju Pendopo Kabupaten Lebak dan Pendopo Gubernur Banten untuk menyerahkan hasil buminya kepada kepala daerah, tradisi Seba Baduy juga diawali dengan “Kawalu” yakni berpuasa selama tiga bulan. Selain Baduy, Kasepuhan Banten Kidul juga memiliki tradisi yang disebut Upacara Adat Seren Taun.

Tradisi-tradisi inilah yang bisa menjadi daya tarik untuk orang datang ke Lebak yang tidak dimiliki oleh daerah lain terutama yang ada di Provinsi Banten, dimana Kabupaten Lebak menggabungkan antara modernitas dan tradisional untuk tetap dijaga dan dilestarikan.

Pemkab Lebak juga selalu mensupport pariwisata yang ada di Kabupaten Lebak terutama destinasi wisata alam dengan terus bersama-sama membangun sinergitas dan kerjasama dengan stakeholders terkait sehingga bisa dimanfaatkan oleh komunitas, baik desa maupun generasi yang cinta pariwisata karena banyak dari lokasi destinasi wisata alam di Lebak yang status kepemilikannya bukan milik Pemkab Lebak, hal tersebut disampaikan oleh Bupati Lebak saat menjawab pertanyaan terkait support apa yang dilakukan Pemerintah Daerah untuk destinasi wisata alam di Kabupaten Lebak.

(Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini