Beranda Peristiwa Besok KH Ma’ruf Amin Dijadwalkan Hadir di Kota Serang

Besok KH Ma’ruf Amin Dijadwalkan Hadir di Kota Serang

KH Ma'ruf Amin - foto istimewa detik.com

SERANG – KH Ma’ruf Amin dijadwalkan akan hadir pada pelantikan Pengurus Wilayah NU (PWNU) Banten periode 2018-2023, Sabtu (13/10/2018), di Alun-alun Barat Kota Serang. Pelantikan yang direncanakan akan dihadiri oleh kurang lebih 10 ribu peserta tersebut akan dihadiri langsung oleh Ketua Pengurus Besar NU (PBNU) Said Aqil Siradj.

Ketua Pelakasana Pelantikan Ali Nurdin mengatakan, dalam kegiatan inti pelantikan ini tidak hanya akan dibacakan baiat pengurus tapi terdapat rangkaian acara yang lain, seperti penyerahan Kirab Nusantara Ansor dan juga istighosah serta ceramah kebangsaan.

“Kebetulan, rombongan Kirab Nusantara Banser pada Jumat (hari ini, red) akan sampai di Merak, jadi nanti akan ada penyerahan bendera Kirab Nusantara Ansor dari Ketua PBNU ke rombongan di Serang,” ungkap Ali saat melaksanakan temu media di Kantor PWNU, Kamis (11/10/2018) kemarin.

Kegiatan ini didukung oleh beberapa elemen masyarakat, baik dari internal NU, pemerintah daerah dan juga aparat hukum.

Kehadiran Said Aqil  direncanakan akan melakukan pelantikan dan pembaiatan 105 pengurus PWNU Banten, sedangkan KH Ma’ruf Amin akan mengisi ceramah kebangsaan.

Meyikapi terkait adanya kemungkinan munculnya dugaan kampanye, dikarenakan sebagaimana diketahui, KH Ma’ruf Amin saat ini merupakan salah seorang peserta pemilihan presiden, Sekretaris PWNU Banten Amas Tadjuddin menegaskan, acar ini murni pelantikan dan bukan memberikan panggung kampanye.

“Kita sudah melakukan imbauan, dan meminimalisir agar tidak terjadi unsur-unsur kampanye, baik dari panitia maupun peserta,” tegas Amas.

Salah satu upaya untuk meminimalisir adanya pelanggaran kampanye, pengurus dan panitia telah melakukan konsultasi juga dengan Bawaslu Banten terkait kehadiran KH Ma’ruf Amin ini. “Kita sudah pegang kisi-kisi agar tidak terjadi pelanggaran, karena ini murni ceramah kebangsaan. Termasuk juga kehadiran Gubernur Banten bukan dalam rangka kampanye juga,” terangnya.

Amas menyatakan, kepengurusan ini ke depannya akan fokus dalam melakukan sinergi kepada pemerintah daerah dan seluruh stakeholder yang ada, demi memperjuangkan kemaslahatan bangsa.

“Kita akan memperjuangkan hak-hak dasar. Sebab itu perlu sinergitas dengan pemerintah,” ujarnya seraya menyatakan, kehadiran Gubernur Banten Wahidin Halim, selain sebagai tamu undangan, juga sebagai salah satu dewan penasihat PWNU yang akan dilantik.

Ketua PWNU Banten Bunyamin mengatakan, proses pelantikan ini memang sedikit agak terlambat, dikarenakan pascakonferwil, dirinya yang terpilih menjadi ketua harus berangkat menunaikan ibadah Haji. “Tapi proses persiapan panitia dan permohonan SK berjalan dengan cepat. Tanggal 23 September kemarin kami sudah dapat SK,” ucapnya. (Dhe/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini