Beranda Opini Berlibur Aman Saat Pandemi

Berlibur Aman Saat Pandemi

Siswa mengenakan masker saat di sekolah - foto istimewa tempo.co

Oleh: Jihan Fatma, Mahasiswi Prodi Sekretari Fakultas Ekonomi Universitas Pamulang

 

Sejak kemunculunannya Covid-19 atau lebih dikenal dengan virus Corona disease, membuat semua kalangan masyarakat menjadi bosan untuk berdiam diri di rumah. Pasalnya, virus ini sudah hampir setahun masih menghantui masyarakat, membuat masyarakat tidak leluasa untuk beraktivitas di luar.

Mau bekerja saja di batasi, agar tidak banyak kerumunan. Apalagi mau berlibur, tentu sangat tidak dianjurkan pada saat seperti ini, untuk menghindari kenaikan jumlah pasien yang terpapar virus covid-19. Untuk mencegah kemunculan virus corona gelombang baru, banyak hal yang dilakukan oleh pemerintah, untuk memutus mata rantai penyebaran virus covid-19. Salah satunya dengan, melakukan program (PSBB) atau Pembatasan Berskala Besar, untuk membatasi rutinitas masyarakatnya . Adanya PSBB tersebut berimbas pada kepariwisataan kita,

Pariwisata memang menjadi salah satu sumber penghasilan negara, tapi saat ini pariwisata kita  sedang terguncang, karena adanya pandemi covid-19 ini. Dan bukan hanya penyedia layanan pariwisata saja yang keadaannya sedang terguncang, tetapi pelaku bisnis, hingga pedagang kecil juga ikut terkena imbasnya covid-19 ini.

Perekonomian jadi  semakin melemah dan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat. “Pemerintah pun memutar otak”, untuk menerapkan adaptasi kebiasaan baru atau  yang akrab disebut dengan  ” New Normal” , dengan menerapkan kebiasaan baru ini bertujuan agar masyarakat dapat kembali menjalani aktivitas seperti biasa dengan protokol kesehatan.

Dan sebagai seorang mahluk hidup, untuk menciptakan keseimbangan dalam hidupnya. Seseorang membutuhkan waktu untuk berlibur,  agar kesehatan mentalnya meningkat, menyehatkan jantungnya, meningkatkan konsentrasi, menjauhkan diri dari stres, mempererat hubungan dengan orang-orang tersayang, meningkatkan kualitas tidur serta meningkatkan suasana hati, dan masih banyak lagi keuntungan yang dapat diperoleh dari berlibur.

Supaya kamu bisa berlibur dengan aman dan nyaman terapkanlah beberapa kebiasaan sederhana yang dapat kamu lakukan agar terhindar dari paparan virus, inilah beberapa cara melindungi diri kamu dan keluarga untuk tetap sehat menikmati liburan di saat pandemi :

1. Pastikan tubuhmu dalam keadaan sehat jasmani maupun rohani

Saat akan memutuskan untuk pergi berlibur pastikan kamu dan anggota keluargamu dalam keadaan sehat. Bila perlu lakukan rapid test sebelum berangkat, kamu juga bisa melakukan tes PCR yang hasilnya lebih akurat. Selain untuk memastikan kesehatan dirimu sendiri, kamu juga bisa melindungi orang lain yang akan bertemu denganmu di tempat wisata nanti.

2. Pilihlah tempat wisata yang menerapkan protokol kesehatan

Sebelum kamu berlibur pastikan daerah tempatmu berlibur bukan termasuk zona merah covid-19. Ya, pilihlah tempat wisata yang agak luas dan terbuka . Karena jika tempat wisata yang tertutup, resiko penyebaran virusnya cukup tinggi. Dan juga agar kamu lebih mudah untuk menerapkan physical distancing antar sesama pengunjung .

3. Memakai kendaraan yang bersih

Usahakan kamu memakai kendaraan pribadimu sendiri untuk mencegah terjadinya penularan virus. Jika memang tidak memungkinkan, untuk kamu menggunakan kendaraan pribadi. Kamu dapat memilih jasa transportasi umum yang memang sudah aman dan nyaman dengan penerapan protokol kesehatannya dengan baik.

4. Selalu menjaga jarak

Bagaimanapun, lokasi wisata adalah tempat umum, yang dapat dikunjungi oleh semua orang. Jadi, kondisikan selalu dirimu untuk tetap menjaga jarak dengan pengunjung lain agar terhindar dari penyebaran virus.

5. Membawa peralatan pribadi

Kamu harus selalu membawa peralatan pribadimu sendiri untuk mencegah kemungkinan penularan virus covid-19 dari barang-barang. Barang-barang yang wajib kamu bawa adalah alat makan contohnya seperti : wadah makan, botol minum, sendok dan garpu plastik. Alat mandi  contohnya seperti : handuk, sabun, sikat dan pasta gigi , serta pakaian ganti (Jika liburan lebih dari 1 hari).

6. Membawa masker cadangan

Tetaplah memakai masker saat kamu berada di tempat wisata, jangan pernah membuka maskermu saat berinteraksi dengan pengunjung lain, dan pastikan kamu juga selalu mengganti maskermu ketika sudah tidak nyaman dipakai. Baik itu masker sekali pakai atau masker kain.

7.Membawa peralatan hygiene

Lokasi wisata yang kita kunjungi juga sudah menyediakan wastafel untuk mencuci tangan . Namun, ada baiknya jika kamu  tetap membawa peralatan hygiene sendiri. Seperti hand sanitizer, dan tisu basah, (Sebagai antisipasi saat kamu jauh dari sumber air). Biasakanlah selalu mencuci tangan menggunakan sabun, dengan air yang mengalir.

Bersihkanlah selalu diri kamu secara teratur agar kontaminasi virusnya bisa tetap dihindari. Supaya kamu tetap dalam kondisi fit dan prima selama liburan. Konsumsilah vitamin untuk menjaga kesehatanmu. Jika ada teman atau keluargamu, yang sewaktu berlibur mengalami gejala covid-19 , seperti batuk kering, sesak napas, sampai demam tinggi diatas 37°C. Segeralah periksakan ke pusat layanan covid-19 terdekat dari lokasi kamu berlibur, untuk mendapatkan penanganan yang tepat.Itulah beberapa cara aman untuk berlibur disaat pandemi yang wajib kamu terapkan. Tetap utamakan kesehatan diri kalian ya gaes, selama berlibur di saat pandemi.

(***)

 

 

 

 

 

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini