Beranda Gaya Hidup Berbahaya! Hindari Makanan Ini Ketika Kamu Sedang Menstruasi

Berbahaya! Hindari Makanan Ini Ketika Kamu Sedang Menstruasi

54
0
Ilustrasi - foto istimewa IDN Times

Biasanya hari-hari awal haid menjadi masa paling menyakitkan. Nah, gak mau kan aktivitas jadi terganggu dan gak bisa ngapa-ngapain gara-gara tamu bulanan datang?

Untuk itu, ada beberapa makanan atau minuman yang wajib kamu hindari selama haid. Seperti 7 di antaranya berikut ini yang dilansir IDN Times.

1. Makanan manis

Saat haid, makanan manis memang akan membantu menstabilkan suasana hati. Namun, di sisi lain makanan manis juga akan mengganggu kadar gula darah alami dalam tubuh. Maka ada baiknya untuk menghindari makanan yang terlalu manis selama haid.

2. Gorengan

Sebaiknya kamu juga menghindari gorengan atau makanan yang mengandung minyak berlebih. Makanan yang digoreng dapat menyebabkan peradangan dan berpotensi meningkatkan kadar estrogen dalam tubuh. Sehingga perutmu bisa kram dan nyeri pada rahim. Duh, males banget, kan?

3. Produk susu

Seperti yang kita tahu, susu sangat baik bagi kesehatan. Tetapi mengonsumsi produk susu saat haid justru akan sangat mengganggu. Produk susu dapat menyebabkan nyeri atau kram pada rahim. Bisa juga menyebabkan perut kembung dan diare. Jadi sebaiknya, puasa makan keju dan es krim selama haid ya.

4. Kopi

Siapa nih yang kebiasaan minum kopi? Ketika haid, sebaiknya hindari dulu makanan atau minuman yang mengandung kafein. Sebab, dapat menyebabkan gangguan sirkulasi darah. Ketika sedang haid dan mengonsumsi kafein, kemungkinan kamu akan mengalami abormalitas pada darah menstruasi.

5. Makanan cepat saji

Ketika kamu mager untuk masak, satu-satunya jalan mengisi perut adalah memesan makanan cepat saji. Tapi saat haid, jangan coba-coba untuk mengonsumsi junk food ya, karena bisa mengganggu kelancaran menstruasi. Dalam kondisi normal pun, jangan terlalu sering mengonsumsi junk food karena berdampak buruk pada tubuh.

6. Minuman bersoda

Selain makanan cepat saji, yang sebaiknya kamu hindari adalah minuman bersoda. Selain dapat membuat perut kembung, minuman bersoda ini juga bisa menyebabkan rasa kram atau nyeri pada rahim semakin menggigit.

7. Daging merah

Makanan berbahan utama daging sepeti burger, iga, steak pasti enak semua kan? Tapi sebisa mungkin hindari makanan ini selama haid. Daging merah mengandung lemak jenuh cukup tinggi.

Jika kamu memakannya, maka bisa menyebabkan peradangan dan perutmu akan kram. Sebaiknya konsumsi makanan yang penuh dengan nutrisi, seperti salmon.

Nah, biar gak makin sakit, cobalah disiplin dengan mengatur pola makan ya. Jangan sampai haidmu mengganggu aktivitasmu. (Red)