Beranda Peristiwa Begini Tips BPBD Pandeglang Supaya Tak Tersambar Petir Saat Hujan

Begini Tips BPBD Pandeglang Supaya Tak Tersambar Petir Saat Hujan

Sekretaris BPBD Pandeglang, Dedi Alparisi

PANDEGLANG – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pandeglang memberikan saran pada warga hal apa saja yang harus dilakukan apabila terjadi hujan dan petir untuk mencegah musibah terjadinya sambaran petir.

Seperti yang diketahui, 2 orang warga Kampung Bojongcanar, Desa Dahu, Kecamatan Cikedal yang merupakan kakek dan cucu meninggal dunia usai tersambar petir pada Minggu (8/11/2020) kemarin.

Sekretaris BPBD Pandeglang, Dedi Alparisi mengatakan, musibah tersambar petir banyak sekali penyebabnya. Sebab itu kita wajib tahu bagaimana cara meminimalisir agar hal itu tidak sampai terjadi.

Dedi mencontohkan, jika kita sedang berjalan atau berkendara terutama sepeda motor dan terjadi hujan disertai petir sebaiknya kita berteduh dan tidak melanjutkan perjalanan. Tapi, dia mengingatkan bahwa tempat berteduh kita jangan di bawah pohon atau bangunan tinggi.

“Kami juga nge-share cara menghindari kejadian tersambar petir karena ada banyak sekali penyebabnya salah satunya kalau kita lagi berjalan atau berkendara harus berhenti dulu tapi berhentinya jangan di bawah pohon atau bangunan tinggi karena takut berbahaya lebih baik masuk kedalam rumah atau ke suatu ruangan,” jelas Dedi, Senin (9/11/2020).

Menurutnya, sifat dari petir kebanyakan mencari tempat atau bangunan yang tinggi dilingkungan tersebut. Oleh sebab itu, saung di tengah sawah tanpa ada bangunan lain disekitarnya juga tidak menutup kemungkinan jadi sasaran sambaran petir sehingga sebaiknya segera pulang ke rumah atau bila terpaksa berteduhlah di saung tapi kondisi lingkungannya ada bangunan atau pohon.

“Kemudian kalau petani lagi di sawah ini juga potensi bahaya apalagi Pandeglang bagian selatan itu sering banget kaya lagi di sawah tersambar petir. Nah ini kalau lagi di sawah memang agak rentan jadi disarankan agar istirahat atau segera pulang karena kalau cuman ada saung di tengah sawah justru bisa jadi sasaran sebab di sekitarnya rendah,” terangnya.

Ia juga menyarankan, jika kita sedang berada di dalam rumah dan terjadi hujan disertai petir sebaiknya barang-barang elektronik yang ada dimatikan untuk sementara. Sebab, hal itu untuk meminimalisir terjadinya sambaran petir seperti yang terjadi di Kecamatan Cikedal beberapa waktu lalu.

“Terus kalau di rumah juga misalkan elektronik seperti handphone, televisi sebaiknya dimatikan karena seperti yang terjadi di Cikedal pertamanya kan petir itu menyambar antena baru ke televisi,” jelasnya.

(Med/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disiniĀ