Beranda Gaya Hidup Begini Supaya Interview Kerjamu Berakhir Sukses

Begini Supaya Interview Kerjamu Berakhir Sukses

139
0
Ilustrasi - foto istimewa liputan6.com

Saat melamar suatu pekerjaan, hal yang tidak bisa kamu hindari adalah menghadiri panggilan wawancara dari perusahaan tempat kamu melamar kerja. Wawancara kerja adalah momen pertama kamu berinteraksi dengan perusahaan tempat kamu melamar pekerjaan.

Tapi harus kamu ingat nih, saat wawancara kerja ini pihak perusahaan juga akan menilai kamu.

Karena itulah saat datang menghadiri panggilan wawancara, lakukanlah 5 hal ini supaya interview kerjamu berakhir dengan sukses.

1. Pakailah pakaian kerja yang rapi dan sopan

Saat menghadiri panggilan interview kerja, pakailah pakaian kerja yang rapi dan sopan. Karena penampilan yang baik dapat memberikan kesan yang baik pula. Tidak perlu memakai pakaian yang mahal, dan glamour.

Dan kalau pihak perusahaan memberikan dress code tertentu ketika mengundangmu datang interview, maka kamu wajib untuk mengenakan pakaian sesuai dengan dress code yang diinginkan oleh pihak perusahaan.

2. Jangan datang terlambat

Ketika mendapatkan undangan untuk menghadiri interview kerja, jangan lupa untuk melihat jadwal yang diberikan. Usahakan untuk datang tepat waktu, atau datang lebih awal ke tempat wawancara.

Kalau kebetulan tempat tinggalmu berlokasi jauh dari perusahaan tempat kamu melamar kerja, berangkatlah lebih awal. Kalau perlu pasanglah alarm di ponselmu, supaya kamu tidak terlambat.

3. Pelajari seluk beluk perusahaan

Sebelum menghadiri panggilan interview kerja, persiapkan dirimu dengan baik. Pihak perusahaan akan memberikanmu banyak pertanyaan, dan kamu harus menjawabnya dengan baik.

Lakukanlah riset kecil-kecilan, dan pelajari seluk beluk dari perusahaan tempat kamu melamar kerja. Sehingga pada saat wawancara kerja, kamu sudah siap menjawab setiap pertanyaan yang diberikan.

4. Bersikaplah sopan dan profesional

Ketika harus menghadiri interview kerja, sebagian besar orang pasti merasa sangat gugup dan cemas. Hal ini memang wajar saja terjadi. Kalau kamu juga mengalami hal ini, jangan panik. Cobalah untuk menenangkan dirimu.

Tunjukkanlah sikap yang baik di depan para pewawancara, misalnya dengan tersenyum atau mengucapkan salam sebelum kamu mulai memperkenalkan dirimu. Hindari menggoyang-goyang kaki, atau membuat gerakan-gerakan tangan yang tidak perlu.

5. Jujur dan jadilah dirimu sendiri

Saat melakukan wawancara kerja, banyak orang yang ingin terlihat hebat didepan sang pewawancara. Sehingga banyak dari mereka yang seringkali berbohong dan melebih-lebihkan kemampuan mereka yang sebenarnya. Padahal hal ini bisa menjadi bumerang bagi mereka sendiri di kemudian hari.

Kalau kamu menghadiri wawancara kerja, jadilah dirimu sendiri. Ungkapkan dengan jujur semua bakat, dan kemampuan yang kamu miliki. Dengan begitu ketika pekerjaan itu kamu dapatkan, kamu bisa bekerja dengan baik karena kamu memang menguasai bidang tersebut.

Nah itulah beberapa tips yang bisa kamu terapkan supaya interview kerja kamu berakhir dengan kesuksesan. Tapi seandainya kamu masih gagal mendapatkan pekerjaan itu, jangan menyerah. Karena kegagalan merupakan sukses yang tertunda. Yang penting kamu tetap berusaha melakukan yang terbaik. (Red)

Sumber : IDN Times