Beranda Cinta Begini Cara Supaya Kamu Tidak Jadi Budak Cinta

Begini Cara Supaya Kamu Tidak Jadi Budak Cinta

343
0
Ilustrasi - foto istimewa gobagi.com

Budak cinta atau Bucin adalah istilah yang sangat umum untuk menggambarkan hubungan tidak seimbang, dimana salah satu pihak justru rela melakukan apapun yang diinginkan pasangannya.

Masing-masing orang sendiri memiliki anggapan yang berbeda-beda mengenai bucin. Ada yang menganggap itu wajar karena merasa bahwa itu adalah bentuk dari rasa cinta, namun ada juga yang menganggap itu salah.

Beberapa orang bahkan bisa saja tidak menyadari jika dirinya adalah bucin. Jadi, bagaimana cara agar tidak jadi bucin? Agar kamu terhindar jadi budak cinta, berikut ini 6 cara agar tidak bucin seperti dikutip dari detik.com.

1. Seimbangkan Keadaan

Cara agar tidak bucin yang pertama adalah kamu harus menyeimbangkan keadaan. Seseorang akan dianggap bucin jika orang tersebut tidak bisa menyeimbangkan keadaan dengan pasangannya. Kamu tidak perlu selalu mendedikasikan seluruh hidupmu untuknya. Kamu juga perlu menekuni kegiatan, hobi, atau hal-hal yang kamu senangi.

Kamu perlu memahami bahwa tidak seluruh hidupmu adalah tentang pasanganmu. Kamu bisa melakukan hal-hal produktif dan positif, namun tetap seimbangkan waktu untuk bertemu dengannya. Tips ini cukup penting kamu praktikkan dalam hubunganmu agar kamu tidak jadi bucin sejati.

2. Tetap Mandiri

Tips agar tidak terlalu bucin yang kedua adalah kamu harus tetap mandiri, jangan apa-apa selalu tergantung padanya. Bagi beberapa pasangan yang sedang dimabuk cinta memang rasanya selalu ingin melakukan kegiatan apapun berdua. Namun agar kamu tidak terlalu bucin nantinya, kamu perlu memberikan sedikit batasan. Cara agar tidak bucin ini cukup berguna agar kamu tidak terlalu bergantung padanya sehingga saat pasanganmu sibuk dan entah ke mana, kamu tetap bisa menghabiskan waktumu dan melakukan apapun sendiri.

3. Cintai Dirimu Sendiri

Mencintai diri sendiri adalah cara yang paling efektif agar kamu tidak menjadi budak cinta. Dengan mencintai diri sendiri kita akan lebih menghargai dan menyadari nilai diri kita sendiri. Jika kamu mencintai dirimu sendiri maka kamu akan menerima segala kelebihan dan kekurangan dari dirimu. Jadi, sebelum kamu memutuskan untuk mencintai orang lain, pastikan kamu sudah mencintai dirimu sendiri terlebih dahulu.

4. Jangan Takut Ditinggalkan

Cara agar tidak jadi bucin yang selanjutnya adalah jangan takut ditinggalkan. Perasaan takut ditinggalkan ini bisa cukup bahaya bagi hubunganmu karena kemungkinan besar hal itu lah yang bisa membuatmu jadi bucin. Biasanya orang yang terlalu takut ditinggalkan oleh pasangannya rela melakukan apapun agar sang pacar tidak meninggalkan dirinya.

Percayalah, kamu tidak perlu melakukan hal itu karena kamu juga memiliki nilai yang harus dianggap berharga oleh si dia. Justru kamulah yang harus menunjukkan siapa dirimu yang sebenarnya. Jika pasanganmu memang benar-benar mencintaimu, dia pasti tidak akan meninggalkanmu.

5. Jujur Pada Diri Sendiri

Cara agar tidak jadi bucin yang kelima adalah jujur pada diri sendiri. Kamu adalah orang yang paling tahu bagaimana hubungan yang sedang kamu jalani. Apakah kamu merasa nyaman bersama pasanganmu atau kamu justru merasa dimanfaatkan? Jika kamu menyadari bahwa sang pacar hanya memanfaatkanmu dan datang padamu hanya saat dia membutuhkanmu maka kamu mungkin perlu memikirkan kembali hubungan yang tengah kamu jalani.

Jika pasanganmu benar-benar mencintaimu maka dia tidak akan memanfaatkanmu. Namun jika dirinya melakukan hal tersebut maka tidak perlu ragu untuk mengakhiri hubunganmu dengannya. Kamu tidak perlu bersusah payah mempertahankan hubunganmu jika hanya kamu yang berkorban.

6. Minta Pendapat Orang Terdekatmu

Tips agar tidak terlalu bucin yang terakhir adalah dengan meminta pendapat dari orang-orang terdekatmu, seperti orangtua atau sahabatmu. Orang-orang terdekatmu pastinya menginginkan hal yang terbaik bagimu. Karena terkadang saat sedang dimabuk cinta kamu tidak bisa melihat keburukan-keburukan pasanganmu atau memberikan batasan dalam memperlakukan pasangan. Tetapi orang-orang terdekatmu bisa melihatnya dan melakukannya.

Cara menyadarkan teman yang bucin mungkin memang tidak mudah. Namun karena orang-orang terdekatmu menyayangimu pastinya mereka akan memperingatkanmu. Kamu perlu mendengarkan saran dan pendapat dari mereka agar kamu tidak jadi bucin.

(Red)