Beranda Kesehatan Begini Cara Sederhana Jaga Daya Tahan Tubuh Saat Cuaca Ekstrem

Begini Cara Sederhana Jaga Daya Tahan Tubuh Saat Cuaca Ekstrem

Ilustrasi - foto istimewa doktersehat.com

SERANG – Perubahan iklim hingga cuaca ekstrem seringkali dikaitkan dengan munculnya berbagai penyakit yang patut diwaspadai. Di tengah kondisi tersebut, virus, kuman hingga bakteri bermunculan yang bisa menyebabkan penularan penyakit.

Kualitas udara yang buruk juga berisiko membuat seseorang rentan mengalami flu, batuk, hingga demam, lho. Apalagi jika daya tahan tubuh sedang tidak optimal, penyakit tentu akan lebih mudah menyerang.

Untuk itu, menjaga daya tahan tubuh di tengah perubahan cuaca ekstrem perlu menjadi perhatian. Agar tubuh tetap sehat dan tak mudah terserang penyakit, berikut 4 langkah sederhana yang bisa Anda ikuti di rumah.

1. Istirahat yang Cukup

Beraktivitas seharian pasti membuat tubuh menjadi lebih lelah. Jika sudah begini, daya tahan tubuh pun menurun. Untuk itu, penuhi waktu tidur yang cukup setiap harinya mulai dari 7-8 jam. Dengan istirahat yang cukup, tubuh akan lebih rileks di pagi hari dan siap beraktivitas lebih optimal.

2. Sempatkan Olahraga

Selain membakar kalori, berolahraga juga bisa membuat tubuh menjadi lebih sehat dan bugar. Dengan sederet manfaat ini, daya tahan tubuh juga meningkat.

Jadi mulai hari ini, sempatkan waktu untik berolahraga. Coba cari jenis olahraga yang paling cocok dan Anda sukai, misalnya berenang, bersepeda, badminton, tennis, golf atau yang lainnya.

3. Makan Sayur dan Buah

Ingat untuk selalu penuhi asupan serat, vitamin, dan mineral penting lainnya dari buah dan sayur. Ada kandungan nutrisi penting pada buah dan sayur yang bisa membantu tubuh melawan penyakit.

Anda bisa mulai mengganti camilan tinggi garam dengan beberapa porsi buah atau sayur supaya daya tahan tubuh tetap terjaga.

4. Penuhi asupan vitamin C harian

Nah, yang terpenting adalah kebutuhan vitamin C selalu terpenuhi supaya tubuhmu tetap sehat untuk bantu meningkatkan kadar antioksidan di dalam darah hingga 30%. Jika kadar antioksidan sudah tercukupi, tubuh kamu akan mampu mencegah kerusakan sel akibat paparan radikal bebas.

Manfaat lain yang bisa kamu dapatkan dengan rutin mengkonsumsi vitamin C yaitu bisa menurunkan risiko penyakit yang disebabkan oleh hipertensi. Salah satunya, penyakit jantung. Bila kebutuhan vitamin C sudah terpenuhi dengan baik, produksi kolagen juga akan semakin meningkat untuk mencegah munculnya keriput, mencerahkan kulit, dan menjaga keremajaan kulit.

Sumber vitamin C bisa kamu dapatkan dari berbagai sayur dan buah mulai dari jeruk, lemon, jambu, stroberi, tomat, hingga paprika. Selain itu, kamu juga bisa bantu penuhi kebutuhan vitamin C harian dengan konsumsi Vitacimin. Konsumsi 1-2 tablet hisap ini untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh sehingga tubuh agar tetap fit dan bebas beraktivitas dengan optimal.

(Red/suara.com)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini