Beranda Uncategorized Begini Cara Gunakan Aplikasi Chatting Signal Alternatif WhatsApp

Begini Cara Gunakan Aplikasi Chatting Signal Alternatif WhatsApp

Aplikasi Signal - foto istimewa Kontan

SERANG – WhatsApp dikabarkan bakal mengubah kebijakan privasinya. Menurut informasi layanan chatting itu juga bakal mulai membagikan beberapa informasi pengguna dengan Facebook, termasuk lokasi, nomor telepon, nama profil dan gambar.

Akibat informasi yang beredar itu, netizen berbondong-bondong ke aplikasi chatting alternatif. Salah satunya Signal. Aplikasi serupa ini diklaim tidak mengumpulkan data pengguna.

Menurut Reuters, unduhan harian telah meningkat 18 kali lebih banyak sejak WhatsApp mengubah kebijakan privasinya, melampaui lebih dari 800.000 unduhan setiap harinya. Itu kemungkinan sebagian didorong oleh CEO Tesla Elon Musk, yang men-tweet ‘gunakan Signal,’ pada awal bulan ini.

Signal sebenarnya sama seperti WhatsApp yakni aplikasi obrolan yang memungkinkan Anda mengirim pesan dan menelepon teman dan keluarga menggunakan enkripsi privasi, yang berarti pesan anda lebih terlindungi dan tidak dapat dengan mudah dibaca oleh siapa pun, termasuk Signal itu sendiri.

Aplikasi ini mendukung pesan grup dan fitur menyenangkan lainnya yang mungkin sudah anda gunakan dalam aplikasi obrolan, seperti GIF, video dan gambar. Itu bahkan memiliki panggilan video grup terenkripsi, meskipun yang didukung terbatas. Aplikasi ini juga sepenuhnya gratis dan Anda dapat menggunakannya di iPhone, ponsel Android, Mac, PC Windows, dan Linux.

Signal juga bukan perusahaan teknologi besar yang menghasilkan uang dari informasi anda. Ini adalah lembaga nonprofit terdaftar dan mengandalkan donasi untuk beroperasi. Aplikasi gratis ini tidak mengumpulkan informasi pribadi anda dan tidak ada iklan apa pun di dalamnya.

-Berikut cara menggunakannya.
Unduh Signal untuk iPhone atau Android seperti dikutip dari CNBC.

Masukkan nomor telepon Anda. Ini agar Signal dapat mengirimi Anda pesan teks dan memverifikasi bahwa Andalah yang menggunakan aplikasi. Masukkan kode yang Anda terima melalui pesan teks.

Tap “Daftar tanpa Mentransfer”. Jika Anda pernah menggunakan Signal sebelumnya, Anda dapat memilih “Transfer dari perangkat iOS” untuk mengunduh percakapan lama Anda, tetapi demi panduan ini, kami berasumsi bahwa Anda belum menggunakan Signal.

Sekarang Anda berada di layar beranda Signal. Ketuk ikon pensil di kanan atas untuk membuat pesan.

Anda dapat mulai mengirim pesan kepada orang-orang yang sudah menggunakan Signal. Tetapi Anda mungkin juga perlu mengetuk “Undang Teman ke Signal” jika kontak Anda belum memiliki aplikasinya. Ini akan memungkinkan Anda membuat pesan email atau pesan teks ke teman dan keluarga dengan tautan untuk mengunduh aplikasi.

Setelah mereka bergabung, Anda dapat memulai obrolan menggunakan ikon pensil yang sama, atau membuat grup, seperti yang Anda lakukan di WhatsApp. Anda bahkan akan melihat tanda dibaca, link untuk mengirim pesan audio, stiker, foto, dan lainnya.

Sekarang Anda aktif dan menjalankan Signal. Jika Anda ingin menggunakannya sebagai pengganti WhatsApp, Anda dapat menghapus obrolan WhatsApp Anda dengan mengetuk “edit” di kiri atas halaman obrolan. Pilih pesan Anda lalu ketuk “hapus”. Salinan pesan Anda mungkin tetap ada untuk pengguna lain di chat yang Anda ikuti sampai mereka juga menghapus chat tersebut.

(Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini