Beranda Pilkada Serentak 2020 Bawaslu RI Roadshow Pengawasan Pilkada di Pandeglang dan Cilegon

Bawaslu RI Roadshow Pengawasan Pilkada di Pandeglang dan Cilegon

173
0
Ketua Bawaslu RI Abhan melakukan kunjungan ke Banten dalam rangka pengawasan verifikasi faktul. (Ist)

SERANG – Ketua Bawaslu Republik Indonesia (RI), Abhan sejak Sabtu (27/6/2020) hingga Minggu (28/6/2020) melakukan kunjungan di Kabupaten Pandeglang dan Kota Cilegon, Provinsi Banten. Kunjungan ini dalam rangka roadshow pelaksanaan pengawasan Pilkada Serentak di Banten tahun 2020.

Abhan mengunjungi Desa Tembong, Kecamatan Carita, dan Desa Caringin Kecamatan Labuan Kabupaten Pandeglang, untuk ikut supervisi verifikasi faktual (verfak) calon perseorangan pilkada 2020.

Abhan menyatakan bahwa pengawasan pelaksanaan verfak calon perseorangan di Kabupaten Pandeglang untuk memastikan pelaksanaannya sudah sesuai aturan. “Pengawasan verfak dilakukan untuk memastikan penyelenggara melaksanakan tugas sesuai aturan yang ada, masih ada beberapa hari ke depan jika masih banyak kekurangan dalam pelaksanaanya bisa menjadi bahan perbaikan ke depannya,” katanya pada saat melakukan pengawasan.

“Semangat kepada sahabat bawaslu untuk mengawasi tahapan pemilihan serentak 2020 dengan selalu menjaga integritas, profesionalitas dan kemandirian sebagai penyelenggara,” tambahnya.

Anggota Bawaslu Banten Koordinator Divisi Pengawasan, Nuryati Solapari mengungkapkan bahwa di Banten ada dua daerah yang terdapat bakal calon perseorangan. “Dua daerah tersebut adalah Kota Cilegon dan  Kabupaten Pandeglang, yang saat ini sedang dalam masa tahapan verifikasi faktual untuk calon perseorangan,” jelas Nuryati pada saat mendampingi Ketua Bawaslu RI.

Pelaksanaan pengawasan verfak calon perseorangan ini dilakukan dengan memperhatikan protokol kesehatan standar Covid-19 yang ketat.

Usai dari Pandeglang, Abhan melanjutkan kunjungan ke Kelurahan Taman Baru, Kecamatan Citangkil dan Kelurahan Kebon Dalem, Kecamatan Purwakarta, Kota Cilegon.

Dalam kunjungannya Abhan meminta jajaran pengawas agar selalu menjaga stamina. “Jaga kesehatan, laksanakan pengawasan dengan penuh keikhlasan sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat dan tanah air, serta harus menjaga netralitas dan integritas sebagai pengawas agar pelaksanaan pilkada ini khususnya pelaksanaan verifikasi faktual calon perseorangan dapat berjalan dengan baik,” pintanya.

Turut mendampingi pada kegiatan tersebut yaitu Ketua Bawaslu Banten Didih M. Sudi, Anggota Bawaslu Banten yaitu Kordiv Penindakan Pelanggaran Badrul Munir serta Bawaslu Kabupaten Pandeglang dan Bawaslu Kota Cilegon. (ink/red)