Beranda Kesehatan Banyak Khasiat, Petai Dipercaya Sayuran yang Paling Dicari di Masa Depan

Banyak Khasiat, Petai Dipercaya Sayuran yang Paling Dicari di Masa Depan

Ilustrasi - foto istimewa Brilio.net

Petai alias pete menjadi makanan yang pro-kontra. Banyak pecinta dan pembencinya, punya 1001 alasan untuk memenangkan opini mereka.

Namun, pada hakikatnya, petai menjadi bagian penting dalam kuliner masyarakat.

Ya, aroma tak sedap saat memakan dan setelah makan menjadi salah satu alasan mengapa kacang-kacangan ini dibenci. Namun, di balik aromanya, petai mengandung gizi yang sehat untuk tubuh.

1. Zat besi untuk mencegah anemia

Pernah merasa lelah dan letih berlebihan? Berarti kamu sedang kekurangan sel darah merah atau anemia. Nah, ternyata dengan mengonsumsi petai, zat besi yang terkandung di dalamnya dapat membantumu mengatasi anemia ini.

2. Sering bad mood? Vitamin B6 dalam petai dapat mengatasinya!

Kamu sering cepat berubah mood? Hal-hal kecil tak terduga seringkali membuat kita mendadak bad mood. Ternyata vitamin B6 yang ada dalam petai akan membantumu mengatur mood. Jadi ceria seharian, deh.

3. Mineral kalium yang berguna membantu menjaga jantung

Kandungan mineral kalium yang tinggi dalam petai sangat dibutuhkan tubuh. Mineral ini membantu menjaga detak jantung dan mengaturnya normal kembali. Selain itu, bisa juga mengatur keseimbangan cairan tubuh manusia.

4. Bisa membantu menghentikan ketergantungan dari rokok

Kamu yang perokok dan ingin menghentikan kebiasaan ini, nah petai bisa jadi salah satu  alternatifnya. Dengan kandungan vitamin B12, kalium, dan magnesium dapat menghilangkan efek ketergantungan yang disebabkan oleh nikotin. Selain itu, kandungan nikotin dalam tubuh juga dapat dikurangi dengan mengonsumsinya secara teratur.

5. Kaya vitamin C untuk mencegah penyakit

Kandungan vitamin C dalam kacang-kacangan satu ini juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan mencegah penyakit. Vitamin C dalam petai memang tak besar, tapi akan melengkapi sejumlah buah dengan kandungan vitamin C tinggi di dalamnya.

6. Cegah begah dengan antasida

Efek antasida yang ditimbulkan petai setelah kita mengonsumsinya akan membantu mencegah atau mengurangi begah. Dengan kata lain, bisa mengurangi atau mencegah rasa sesak karena kekenyangan.

7. Mau ujian dan butuh menghafal? Bantu ingatanmu dengan kalium

5 Kuliner Sate Populer Khas Bali, Enak dan Menggoda Selera

Manfaat lain dari kalium yang ada dalam petai adalah meningkatkan kemampuan kognitif. Kamu yang kesulitan mengingat atau menghafal akan terbantu dengan petai, nih. Kalium dapat meningkatkan kemampuan otak manusia, terutama dalam mengingat, mengenal suatu pola, dan meningkatkan kemampuan indera.

8. Ingin lebih rileks? Zat tryptophan-nya siap membantu

Kamu terlalu banyak pikiran hingga stres? Coba deh tambahkan petai dalam menu makanmu supaya lebih rileks. Kandungan zat tryptophan akan membantu menstimulus tubuhmu mengistirahatkan otot-otot tegang.

9. Jaga daya tahan tubuh dengan antioksidan

Kamu yang harus bekerja keras setiap hari, tentu harus menjaga kondisi tubuh. Maka dari itu, kandungan antioksidan dalam petai akan membantu menjaga kondisi tubuhmu agar tetap prima.

10. Kekurangan vitamin A? Lengkapi dengan makan petai

Petai ternyata mengandung vitamin A, sehingga bisa mencegah gangguan pada mata. Nah, kalau kamu bosan makan wortel, petai bisa jadi selingan, nih.

11. Kandungan serat yang tinggi membantu pencernaan

Dengan kandungan serat yang tinggi dan dietary fibers, petai bisa melancarkan saluran pencernaanmu. Kamu akan terhindar dari sembelit, diare, mulas, atau nyeri perut.

12. Bisa mengatur gula darah dengan zat antikarsinogenik

Manfaat lainnya adalah untuk mengatur gula darah dalam tubuh. Tapi bukan berarti kita bisa bebas makan gula sebanyak apa pun dengan mengonsumsi petai ya.

Saking banyaknya manfaatnya, tak dapat dimungkiri kalau petai akan menjadi sayuran yang banyak dicari orang dalam beberapa tahun mendatang. Kamu suka makan petai gak, nih? Jangan lupa gosok gigi setelah memakannya ya. (Red)

Sumber : IDN Times

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini