Beranda Kampus Banyak Kampus Kritisi Jokowi Soal Kondisi Demokrasi Indonesia, Bagaimana Sikap Untirta?

Banyak Kampus Kritisi Jokowi Soal Kondisi Demokrasi Indonesia, Bagaimana Sikap Untirta?

Gerbang Untirta Kampus A Pakupatan, Kota Serang - (Foto Alif/BantenNews.co.id)

SERANG – Sejumlah Guru Besar Perguruan Tinggi dari berbagai daerah ramai-ramai menyatakan sikap soal kondisi demokrasi di bawah kepemimpinan Presiden Joko Widodo. Secara garis besar, mereka menilai pada rezim Jokowi seolah tak sesuai dengan semangat demokrasi.

Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) salah satu perguruan tinggi negeri ternama di Provinsi Banten mengaku belum ada pembahasan lebih lanjut mengenai sikap kampusnya. “Belum ada pembahasan,” ujar Angga Pratama, Sub koordinator Humas Untirta.

Angga juga mengatakan pihak humas nantinya tetap akan sesuai dengan arahan dari Pimpinan Untirta. Jika nantinya memang ada pembahasan dari kalangan dosen ataupun mahasiswa, Angga mengatakan itu diluar kapasitas pihak Humas.

“Kalau pembahasan di dosen ataupun mahasiswa itu diluar kapasitas kami,” katanya.

Senada, Leo Agustino, Dekan FISIP Untirta 2023-2027, juga mengatakan belum ada koordinasi secara lembaga mengenai langkah tersebut. Namun, ia menuturkan, isu mengenai permasalahan demokrasi sudah santer menjadi perbincangan di kalangan dosen.

“İni sudah banyak (obrolan) malah sejak MK mengizinkan salah seorang Cawapres ikut kontestasi,” kata Leo.

Pria ini juga menilai sejumlah dosen turut prihatin mengenai putusan MK tersebut.

Sementara itu di kalangan mahasiswa pun fenomena ini menjadi sorotan. Gymnastiar, Presiden Mahasiswa (Presma) BEM KBM 2024 terpilih, berujar kampus memiliki peran penting untuk menjaga kualitas demokrasi.

“Melihat situasi sekarang kampus harus betul-betul bersuara mengingatkan kembali presiden untuk tetap berada di koridor demokrasi,” jelas Gymnastiar kepada Bantennews.co.id pada Minggu, (4/1/2024).

Mahasiswa FKIP Untirta ini juga beranggapan akan sangat memalukan jika Untirta tidak ikut andil dalam bersuara.

Gymnastiar memastikan, ia dan kawan-kawan mahasiswa lainnya akan mendorong Untirta untuk ikut menyatakan sikap. “Maka dari itu saya mendorong seluruh civitas akademika Untirta harus menyatakan sikap dan mengingatkan pemerintah untuk menjaga demokrasi ini,” katanya.

(Mg-Alf/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini